RI Teken Perjanjian Perdagangan Bebas dengan Australia Hari Ini

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Senin, 04 Mar 2019 10:02 WIB
Foto: Penandatanganan CEPA. Puti Aini Yasmin-detikFinance
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Pedagangan Enggartiasto Lukita pagi ini (4/3/2019) berkumpul di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta. Rencanannya, mereka akan melakukan penandatanganan perjanjian perdagangan bebas dengan Australia.

Dipantau detikFinance, acara berlangsung pada pukul 10.00 WIB dan dihadiri juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham

Berdasarkan agenda Kemendag, JK akan menyaksikan penandatanganan perjanjian perdagangan ekonomi komprehensif antara Indonesia dan Australia (IA-CEPA), yang dilakukan oleh Enggar dan Simon.


Sebelumnya dari catatan detikFinance, pada hari Jumat, (15/2/2019) di Canberra, Simon juga mengatakan hal yang sama. "Saya terus melakukan diskusi yang konstruktif dengan sejumlah Menteri Indonesia selama beberapa bulan terakhir dan kita sudah menyelesaikan perundingan di mana penandatanganan akan dilakukan bulan Maret." kata Birmingham.

"Ini perjanjian kuat bagi kedua negara, di mana akan ada peningkatan perdagangan dan investasi timbal balik, menciptakan lebih banyak kesempatan bagi petani, bisnis dan pembangunan ekonomi." tuturnya.

"Indonesia adalah negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, dengan ekonomi yang tumbuh cepat, membuat peningkatan hubungan kedua negara secara strategis maupun secara ekonomi penting." kata Birmingham lagi.



Sekadar informasi, IA-CEPA sendiri telah rampung pada 31 Agustus 2005. Negosiasi perjanjian ini melalui jalan yang panjang selama 13 tahun atau sejak 2005. (zlf/zlf)