CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 05 Mar 2019 22:00 WIB

Bandara Ahmad Yani Punya Galeri UMKM, Tawarkan 748 Produk

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Foto: Dok. Pemprov Jateng Foto: Dok. Pemprov Jateng
Semarang - Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang punya spot baru yaitu galeri UMKM. Galeri UMKM seluas 120 meter persegi tersebut ada di exhibition hall lantai 1 terminal penumpang Bandara Jenderal Ahmad Yani. Jam operasionalnya mulai pukul 05.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Ada 67 UMKM yang menjadi mitra galeri dengan 748 jenis produk. Galeri ini dilengkapi dengan anjungan monitor layar sentuh dengan konten e-commerce Jateng Sadewa G-2 Market yang memberikan informasi katalog produk unggulan di Jateng. Selain itu juga tersedia fasilitas pemesanan dan layanan antar se-Indonesia dan luar negeri yang bekerja sama dengan Fastpos.

"Galeri ini dikhususkan untuk usaha mikro dan kecil bagian dari kontribusi pemprov untuk pelaku UMKM kecil mereka tidak bayar semua difasilitasi oleh pemerintah," kata Ganjar usai meresmikan galeri UMKM di Bandara Ahmad Yani Selasa (5/3/2019).


General Manager PT Angkasa Pura I (Persero), Dedy Sri Cahyono menambahkan, galeri UMKM tersebut merupakan upaya Angkasa Pura I untuk mendukung promosi dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jateng.

"Sebagai perwujudan BUMN Hadir untuk Negeri, Angkasa Pura I berkomitmen untuk turut serta memajukan sektor ekonomi di Jawa Tengah. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan peluang bagi pelaku UMKM dalam mempromosikan dan memperluas pangsa pasar bagi produk-produknya melalui keberadaan galeri UMKM di Bandara Jenderal Ahmad Yani ini," kata Dedy.

Ada lima zona dalam geleri itu, zona pertama merupakan zona pakaian dan kain yang menjual batik, tenun, bordir, kain lukis, mukena, pakaian, kerudung, dan syal. Zona kedua yaitu zona aksesoris atau kerajinan tangan, menjual aneka ragam kerajinan berupa tas wanita, topi, dekorasi rumah, aneka aksesoris, mainan anak tradisional, dan sejenisnya.


Zona ketiga untuk makanan kemasan yang menawarkan aneka makanan ringan, kopi, teh, serta racikan rempah. Lalu ada zona food and beverages yang menjual roti bekatul, mie ongklok instan, serta seduhan kopi dan coklat bubuk yang bisa langsung dinikmati. Terakhir, zona activity corner dimana pada event tertentu akan disajikan pertunjukan seperti demo membatik, kain lukis, sajian kopi, tarian tradisional, dan lainnya.

Selain produk usaha yang dijual, di sana pengunjung juga bisa berfoto bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan wakilnya, Taj Yasin.

Tentu saja bukan Ganjar sebenarnya yang ada setiap waktu di bandara, melainkan foto 3 dimensi Ganjar menuang kopi ke cangkir blirik. Spot foto itu melengkapi foto Presiden Jokowi naik sepeda yang sudah ada sebelumnya. (alg/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed