Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 07 Mar 2019 18:12 WIB

Liputan Khusus

Perjuangan Bisnis Warteg Beken yang Sempat Bangkrut

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Kesuksesan memang tak pernah dapat diraih semudah membalikkan telapak tangan. Mesti ada banyak tantangan yang dihadapi sebelum seseorang bisa menggapai kesuksesan.

Misalnya seperti yang dialami oleh pemilik Warung Tengal (warteg) Kharisma Bahari, Sayudi. Sebelum sukses seperti sekarang, ia pernah mengalami kegagalan.

Kala itu, ia yang dulunya berjualan rokok di pinggir jalan memutuskan untuk membuka Warteg. Keputusan tersebut ia buat untuk menambah pemasukan karena akan menikah.

Hanya saja, usaha tersebut tak berjalan lancar. Hingga akhirnya ia mesti menutup usaha wartegnya tersebut.

"Awalnya aku kan memang dagang asongan (rokok), mau nikah aku buka warteg tapi malah bangkrut. Mau nggak mau ya dagang asongan lagi," kata dia kepada detikFinance, pekan lalu.



Lebih lanjut, ia menjelaskan kegagalan tersebut tak membuatnya patah semangat karena ia terinspirasi dari pengalaman pengusaha Bob Sadino. Menurutnya, ia memiliki latar belakang yang sama, yakni hanya lulusan sekolah dasar (SD).

"Walau bangkrut saya nggak patah semangat. Saya suka baca koran majalah alm Bob Sadino juga berawal dari bawah, yang punya restoran sederhana saja SD nggak lulus bisa sukses. Jadi makin tambah semangat juang saya buat sukses," terang dia.

Berkat hal itu, ia akhirnya kembali memutuskan untuk terjun mendalami usaha wartegnya.Bahkan hal itu dilakukan dengan mengajukan pinjaman uang di bank dan membuka warteg kaki limanya.

"Malah sempat pinjam uang di bank.buat modal warteg lagi dan wartegnya pun karena belinya murahan ya wartegnya kaki lima di samping kantor kecamatan Cilandak," jelas pria kelahiran 1973 ini.

Sementara itu, ia juga membagikan tips agar para pengusaha muda mampu sukses seperti dirinya.Baginya, hal pertama yang mesti dilakukan adalah berani tampil beda.

"Tipsnya harus berani tampil beda. Tampil beda dalam arti positif lebih berani bagus dan jadi diri sendiri," tutup dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com