Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Mar 2019 21:39 WIB

Round-Up 5 Berita Terpopuler

Prabowo Digugat Rp 52 Miliar, Tambah Daya Listrik Diskon hingga 100%

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Pabowo Subianto Foto: Dony Indra Ramadhan Pabowo Subianto Foto: Dony Indra Ramadhan
Jakarta - Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto digugat karena wanprestasi atau ingkar janji dalam jual beli saham Nusantara International Enterprise Berhad Malaysia. Prabowo disebut belum menyelesaikan pembayaran yang telah disepakati.

Gugatan ini berawal dari perjanjian jual beli saham Djohan Teguh Sugianto di Nusantara International Enterprise Berhad Malaysia sebesar 20%. Perjanjian tersebut dilakukan antara Prabowo dan Djohan pada Agustus 2011.

Selain gugatan terhadap Prabowo, ada pula diskon tambah daya listrik hingga 100% dan cara daftar program 11.000 lowongan di BUMN lewat situs rekrutbersama.fhcibumn.com.

Berikut berita tepopuler detikFinance sepanjang Sabtu (9/3/2019):

(1) Kronologi Jual-Beli Saham yang Bikin Prabowo Digugat Rp 52 M

Gugatan ini berawal dari perjanjian jual beli saham Djohan Teguh Sugianto di Nusantara International Enterprise Berhad Malaysia sebesar 20%. Perjanjian tersebut dilakukan antara Prabowo dan Djohan pada Agustus 2011.

Fajar Marpaung, tim kuasa hukum dari Djohan Teguh Sugianto menjelaskan, harga saham yang disepakati kedua belah pihak adalah Rp 140 miliar. Itu dicicil Rp 2 miliar selama 58 kali tiap bulan dengan masa jatuh tempo 31 Juli 2016.

Pembayaran saham yang dilakukan Prabowo disetorkan ke Bank BNI sebagai bentuk pelunasan pinjaman yang dilakukan oleh Djohan. Yang jadi persoalan, Prabowo belum menyelesaikan pembayaran sebesar Rp 52 miliar dari total yang harus dibayar sebesar Rp 140 miliar. Prabowo baru membayar Rp 88 miliar.

"Dibayar cuma sampai Januari 2015, baru Rp 88 miliar yang disetor. Saat jatuh tempo pelunasan 31 juli 2016, ternyata tidak diselesaikan juga pelunasannya," jelas Fajar.

(2) Tambah Daya Listrik Dapat Diskon hingga 100%

Pelanggan PLN yang ingin manambah daya listrik bakal mendapatkan diskon mulai dari 50% hingga 100%. Penambahan daya yang bisa dilakukan mulai dari kapasitas 220 VA hingga 197 kVA.

Diskon tambah daya berlaku di seluruh Indonesia sejak 1 Maret 2019. Kebijakan ini berlaku bagi yang sudah menjadi pelanggan PLN sejak 1 Februari 2019, tanpa perubahan fasa, tanpa migrasi dari pascabayar ke prabayar atau sebaliknya, dan tanpa mengubah golongan tarif peruntukannya.

"Sebelum proses tambah daya, pelanggan terlebih dahulu melunasi tagihan listrik bulan berjalan," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Sabtu (9/3/2019).

(3) 11.000 Lowongan BUMN Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah membuka 11.000 lowongan kerja. Rekrutmen tersebut merupakan program rekrutmen bersama BUMN 2019 dalam rangka HUT BUMN.

Lantas, bagaimana cara mendaftarnya?

Berdasarkan data Kementerian BUMN, ada tiga tahapan dalam pendaftaran. Pertama, membuat dan membuka akun pada website rekrutbersama.fhcibumn.com.

(4) Membentang di Sumatera, Tol Terpanjang RI Resmi Beroperasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan salah satu ruas Tol Trans Sumatera yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar, Jumat (8/3/2019). Ruas tol tersebut membentang dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar sepanjang 140,7 km dan merupakan tol terpanjang di Indonesia.

Sebelumnya rekor ruas tol terpanjang dipegang oleh Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) sepanjang 116,75 km. Ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar mulai dibangun sejak 2015.

(5) Janji Jokowi Gaji PNS Naik Bulan Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyampaikan tentang rencana pemerintah menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 5% tahun ini. Dia memastikan itu akan terealisasi bulan depan atau April.

"Ini PP-nya (peraturan pemerintah) baru disiapkan. Saya kira ini Maret ini akan selesai sehingga awal April nanti sudah bisa diberikan kenaikan itu kepada bapak ibu sekalian, dirapel," ujar Jokowi saat meresmikan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Jumat (8/3/2019). (hns/bar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com