Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 10 Mar 2019 18:11 WIB

Ini Profil Ethiopian Airlines yang Pesawatnya Jatuh

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ethiopian Airlines Foto: Ethiopian Airlines
Jakarta - Maskapai Ethiopian Airlines tengah dilanda musibah lantaran pesawat yang dioperasikannya dengan tujuan Nairobi jatuh ketika membawa 149 penumpang dan 8 kru di dalamnya. Terlepas dari kejadian tersebut, maskapai ini sebenarnya sudah punya jam terbang cukup panjang.

Dilansir detikFinance dari ide.go, Minggu (10/3/2019), Ethiopian Airlines adalah maskapai penerbangan nasional Ethiopia dengan hub utamanya di Bandara Internasional Bole.

Selama enam puluh tahun terakhir, maskapai ini telah menjadi salah satu operator terkemuka di benua Afrika, tak tertandingi untuk efisiensi dan keberhasilan operasional. Ethiopian Airlines adalah maskapai penerbangan terbesar keempat di Afrika.

Maskapai ini mengoperasikan layanan penumpang dan angkutan internasional terjadwal ke lebih dari 50 tujuan di seluruh dunia, serta layanan domestik ke 32 tujuan dan penerbangan charter penumpang dan kargo.



Ethiopian Airlines mengoperasikan 10 Boeing 767-300, 8 Boeing 757-200, 2 Boeing 757-260 F, 2 Boeing 747F, 2 MD-11F, 5 Boeing 737-700NG, 2 B737-800W, dan 5 Fokker 50.

Dilihat dari rekam jejaknya, Ethiopian Airlines didirikan pada 30 Desember 1945, oleh Kaisar Haile Selassie. Maskapai ini mulai mengoperasikan pesawat pada 8 April 1946.

Maskapai ini mulai melayani penerbangan jarak jauh ke Frankfurt pada tahun 1958 dan meresmikan layanan jet pertamanya pada Januari 1963 dari Addis Ababa ke Nairobi. Kemudian pada awal 1960-an mulai memberikan beberapa dukungan penerbangan awal untuk Misi Pemetaan Ethiopia-Amerika Serikat dalam operasinya untuk menyediakan peta topografi Ethiopia.




Maskapai ini pada mulanya mengandalkan pilot dan teknisi Amerika. Baru pada tahun 1971, Ethiopian Airlines dikelola secara mandiri.

Ethiopian Airlines juga memiliki basis perawatan canggih, yang beroperasi penuh untuk pemeliharaan Airframe hingga D-Check, Engine, Overhaul, perbaikan & overhaul Komponen, perawatan dan teknis Pesawat Terbang Ringan, dan bantuan manajemen untuk maskapai lain. Basis pemeliharaan disertifikasi oleh US Federal Aviation Administration (FAA).

Maskapai ini pun pernah dinobatkan dan mendapat penghargaan sebagai Maskapai Penerbangan Terbaik Afrika 2008. Penghargaan ini diberikan kepada orang Etiopia karena "jaringan yang sangat baik dan koneksi yang nyaman di Afrika. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed