CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Mar 2019 13:59 WIB

Ini yang Bikin Hubungan RI-Inggris Awet hingga 70 Tahun

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Inggris dan Indonesia sudah memiliki hubungan diplomatik yang cukup lama yakni 70 tahun. Hubungan antara kedua negara juga sudah terjalin di berbagai sektor.

Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia pun merayakan atas usia hubungan diplomatik tersebut. Akan ada acara yang digelar oleh Kedubes Inggris hingga akhir tahun nanti.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengatakan, sudah banyak hal yang tercipta dari 70 tahun hubungan Inggris dengan Indonesia. Dia merangkumnya dalam 7 hal yang membuat pertemanan kedua negara ini sangat erat

"Hubungan kedua negara sudah dekat, tapi saya yakin ada prospek dan banyak kesempatan untuk semakin mempererat hubungan. Saya ingin sampaikan beberapa hal, ada banyaj hal yang membuat kita dekat, tapi kami memilih 7," ujarnya di Kedubes Inggris, Jakarta, Selasa (12/3/2019).


Pertama, sektor pariwisata. Hubungan Inggris dengan Indonesia di bidang pariwisata terlihat dari jumlah wisatawan asing di Indonesia dari Inggris yang begitu besar. Pada 2018 setidaknya ada 391.820 orang wisawatan Inggris yang datang ke Indonesia.

"Jumlah ini lebih besar dari wisawatan AS dan negara lain di Eropa," tambahnya.

Kedua, kebudayaan. Menurutnya Indonesia dan Inggris memiliki kesamaan dari sisi masyarakat yang beragam dan multi agama. Ketidak hubungan kerjasama Indonesia dan Inggris bisa terjalin lantaran sama-sama negara kepulauan.

"Kita tahu Indonesia punya 17 ribu pulau, Inggris ada 5 ribu pulau. Jadi bentuknya sama, keduanya tergantung perekonomian maritim," tambahnya.


Keempat olahraga yang digemari oleh penduduk kedua negara hampir sama seperti sepakbola dan badminton. Kemudian, musik & kebudayaan, makanan.

"Dan terakhir bendera Inggris Union Jack yang begitu populer di sini," tambahnya.

Perayaan 70 tahun hubungan kerjasama Inggris dan Indonesia akan dilakukan salah satunya dengan London Book Fair pada minggu ini. Selain itu akan ada program-program kebudayaan yang diselenggarakan di Inggris. (das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed