Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Mar 2019 14:04 WIB

Jokowi Minta Pemda 'Tutup Mata' soal Izin Investasi

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Andhika Prasetia/detikcom Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Tangerang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh pejabat negara untuk 'tutup mata' dalam memberikan izin berusaha pada kegiatan investasi di Indonesia. 'Tutup mata' yang dimaksud Jokowi adalah pemerintah harus memberikan kemudahan proses perizinan berusaha, mengawal hingga investasi tersebut terjadi, tanpa menabrak aturan-aturan yang berlaku.

Investasi menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, Jokowi meminta kepada pemerintah pusat dan daerah mampu mempercepat proses investasi.

"Saya minta yang namanya PTSP, Bupati Wali Kota, Gubernur, kalau ada investor yang terkait industri apapun, tutup mata, beri izin," kata Jokowi saat acara ICE BSD, Banten, Selasa (12/3/2019).

Apalagi, kata Jokowi, percepatan pemberian izin berusaha pun berlaku bagi investasi untuk membangun pabrik dengan orientasi ekspor.

"Tidak usah bertele-tele. Misalnya karet ada yang mau bikin ban di Sumsel atau Sumut atau Riau, beri izin dan tutup mata. kalau mau buat industri ban atau sarung tangan karet," ujar dia.

"Tapi jangan tutup mata saja, investor hilang nanti, dikawal. Tunjukkan kalau mau memberi lahan, di sini ada di sini ada, kelemahan kita ada di sini," sambungnya.



Menurut Jokowi, pemerintah daerah harus berani bertindak dalam mempercepat proses investasi. Seperti halnya ada investor petrokimia yang mau bangun pabrik. Kata Jokowi, segera diberikan izin usahanya.

"Tutup mata sudah dan pastikan mereka dapat izin satu hari. Gubernur, Bupati harus berani, jangan sampai tunggu berhari-hari dan berminggu-minggu, izin itu hitungan jam," kata Jokowi.

Industri petrokima, kata Jokowi, merupakan sektor yang penting bagi Indonesia. Pasalnya nasional tercatat masih mengimpor dalam jumlah yang besar.

Bahkan Jokowi mengaku, sudah memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memberikan insentif pajak dengan mudah. Khususnya bagi para investor yang berorientasi ekspor.

"Saya juga sampaikan ke menkeu, kalau ada yang industri petrochemical, sudah tutup mata dan berikan tax holiday. Tidak usah pikir lama, daripada kita defisit," ungkap dia.



Simak Juga 'Jokowi Pikir-pikir Mau Angkat Menteri Investasi dan Ekspor':

[Gambas:Video 20detik]

Jokowi Minta Pemda 'Tutup Mata' soal Izin Investasi
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com