Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Mar 2019 16:02 WIB

Menkominfo Sebut BSD Berpotensi Jadi 'Silicon Valley'

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Menteri Kominfo Rudiantara/Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET Menteri Kominfo Rudiantara/Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Tangerang - Indonesia tengah gencar meningkatkan kawasan pusat teknologi. Salah satunya di BSD, Tangerang yang didirikan Apple Developer Academy oleh Apple Inc tahun ini.

Menteri Kominfo Rudiantara menyebutkan kawasan ini bisa menjadi pusat pengembangan teknologi seperti Silicon Valley di Amerika Serikat (AS). Dalam pidatonya di acara Graduation Apple Developer Academy, Rudiantara menjelaskan saat ini sudah ada dua 'Silicon Valley' setelah AS, yakni di Beijing, China dan di Bengaluru, India.

"Nanti ada 4B, mudah-mudahan selanjutnya adalah Bumi Serpong Damai (BSD)," ujar dia di Green Office Park 9, BSD, Selasa (12/3/2019).


Namun dia menyebutkan saat ini banyak wilayah di Indonesia yang memiliki huruf awal dari huruf B. "Kan ada Bandung dan Bali juga," tambah dia.

Sekedar informasi, Silicon Valley merupakan tempat untuk pengembangan perusahaan teknologi kelas dunia seperti Apple, Google, Cisco, Helwet-Packard hingga Facebook.

Menurut Rudiantara, dengan adanya Apple Developer Academy ini bisa memudahkan perusahaan industri untuk berinvestasi di Indonesia.


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan dengan dibangunnya Apple Developer Academy ini menunjukkan Indonesia adalah negara yang sangat baik.

"Indonesia saat ini tak lagi sebagai follower atau pengikut, tapi sudah menjadi pemain," ujar dia.

Pembangunan sekolah Apple ini sebenarnya untuk memenuhi regulasi terkait aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Apple menanamkan modal hingga US$ 44 juta atau setara dengan Rp 616 miliar untuk jangka waktu 3 tahun. Indonesia merupakan negara kedua yang dibangun Developer Academy, sebelumnya sudah ada di Brazil dan kemudian di Italia. (kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com