Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Mar 2019 16:56 WIB

Luhut Panggil Kemenhub dan KNKT Bahas Boeing 737 MAX 8

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman/Foto: Achmad Dwi Afriyadi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman/Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Pesawat Boeing 737 MAX 8 sedang menjadi pembahasan. Maskapai ramai-ramai mengandangkan pesawat ini setelah kecelakaan kesekian kali dalam hitungan bulan.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada 11 Boeing 737 MAX 8 yang dikandangkan sementara. Untuk mengambil langkah berikutnya pada pesawat tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi.


Pada jadwal yang diterima detikFinance Rabu (13/3/2019) Luhut memanggil Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti, Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono, dan Mantan Menhub Jusman Syafii Jamal.

Polana dan Sorjanto mendatangi Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman sekitar pukul 15.30 WIB.


Sebelumnya Luhut mengatakan, pemerintah melarang sementara maskapai dalam negeri menggunakan pesawat. Untuk kebijakan selanjutnya, dia menunggu hasil inspeksi yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Nanti kita lihat, karena 11 yang akan dilakukan inspeksi, kita lihat nanti perkembangannya, kalau negara lain menemukan sesuatu, saya kira kita nggak mau ambil risiko pesawat kita crash lagi karena masalah desain atau apa," kata kata Luhut di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019). (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com