Cerita Jokowi Mimpi Punya Pasar Ikan Bersih Seperti Tsukiji

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Rabu, 13 Mar 2019 19:53 WIB
Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku menunggu-nunggu kehadiran pasar ikan modern (PIM) Muara Baru. Hal itu dilakukan selama 2,5 tahun.

Menurut Jokowi hal itu bermula saat ia melihat pasar ikan di negara maju yang bersih dan nyaman, seperti di Jepang. Ia pun langsung memerintahkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk segera membangun.

"Juli 2015 berarti 2,5 tahun yang lalu saya perintahkan kepada Bu Susi, 'Bu apakah tidak bisa sih kita ini bangun pasar ikan modern yang bersih seperti di Tokyo, Tsukiji'. Jawabannya, bisa. Ya sudah cepat kerjakan, bangun, saya nggak mau tahu di mana yang penting bangun," ungkap dia saat peresmian di PIM Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019).

Akhirnya, setelah menunggu sekian tahun ia pun bisa meresmikan pasar ikan modern seperti yang ada di negara maju. Sebab, dengan begitu bisa menghapus penilaian negatif terhadap pasar ikan.



Selama ini, kata Jokowi, pasar ikan selalu dinilai memiliki kondisi yang kotor dan membuat masyarakat kurang nyaman berbelanja.

"Saya tunggu-tunggu nggak jadi-jadi dan Alhamdulillah malam ini kita telah memiliki pasar ikan modern PIM di Muara Baru, Jakarta. Saya senang karena kita sudah bisa membalik persepsi, dulu persepsinya banyak orang yang bilang pasar ikan pasti kotor," terang dia.

Adapun peresmian dilakukan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

(eds/eds)