Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Mar 2019 20:05 WIB

Round-Up 5 Berita Terpopuler

Ada Situs Kuno di Proyek Tol Pandaan, Jokowi Resmikan Pasar Ikan Modern

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Foto: Muhammad Aminudin Foto: Muhammad Aminudin
Jakarta - Situs purbakala ditemukan pekerja proyek tol Pandaan-Malang, lokasinya berada di station 37 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tol ini merupakan salah satu ruas tol Trans Jawa, yang sekarang sedang digarap.

Selain berita foto tentang temuan situs purbakala tersebut, berita lainnya yang terpopuler di detikFinance hari ini, Rabu (13/3/2019) adalah soal kisah 'romantis' Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dengan produsen pesawat, Boeing.

Selain itu peresmian pasar modern ala Tsukiji di Muara Baru, Jakarta Utara, juga menjadi salah satu berita terpopuler hari ini. Berikut 5 berita terpopluler detikFinance sepanjang hari ini:

Penampakan Situs Kuno di Tol Pandaan-Malang

Situs berupa struktur batu bata kuno ditemukan pekerja proyek tol Pandaan-Malang, lokasinya berada di station 37 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tim arkeolog sudah membuat peta penggalian di bagian permukaan atas dari struktur bata batu kuno yang sebelumnya ditemukan.


Mengintip 'Romantisme' Trump dengan Boeing

Tidak seperti negara-negara lain, otoritas penerbangan Amerika Serikat (AS) masih memperbolehkan pesawat Boeing 737 MAX beroperasi. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga telah berbicara dengan CEO Boeing Dennis Muilenburg.

Trump seakan percaya dengan apa yang diutarakan oleh pihak Boeing. Dia percaya tentang jaminan keamanan pesawat 737 MAX. Melansir Reuters, Rabu (13/3/2019), Trump dikabarkan memiliki hubungan yang erat dengan Boeing. Trump yang memiliki perusahaan penerbangannya sendiri, Trump Shuttle, dari tahun 1989 hingga 1992, adalah penggila penerbangan.


Malam Ini Jokowi Resmikan Pasar Ikan Ala Tsukiji di Muara Baru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pasar ikan modern di Muara Baru Jakarta Utara, Rabu malam (13/3/2019). Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pemerintah akan terus mengembangkan pembangunan pasar ikan modern. Setelah peresmian, rencanannya bangunan pasar akan diperbesar secara bertahap hingga dua kali lipat.

"Ini malam saya mengundang kawan-kawan datang ke Muara Baru melihat pasar modern. Nanti kalau pindah (diresmikan) akan kita tambah lagi wilayahnya ada 2 hektare lagi. Jadi nanti dua kali besar dari sekarang ini," jelas Susi dalam temu media di kediamannya, Widya Chandra, Jakarta, Rabu (13/3/2019).


Pesawat B737 MAX Dikandangkan, Bisnis Garuda dan Lion Air Terganggu?

Pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Garuda Indonesia dan Lion Air Group dilarang terbang sementara (temporary grounded). Itu berlaku sejak 12 Maret 2019 atas keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Lantas, apakah kondisi tersebut mengganggu bisnis dari kedua maskapai tersebut? Managing Director Lion Air Group Capt Daniel Putut Kuncoro Adi menjelaskan, hal tersebut tidak mengganggu bisnis maskapai. Dia mencontohkan, dari jumlah penumpang tidak terjadi penurunan akibat penghentian sementara.

Direktur Teknik Garuda Indonesia, I Wayan Susena juga menyampaikan kalau maskapai pelat merah itu tidak terganggu dari sisi bisnis. Pasalnya pihaknya masih punya pesawat yang bisa digunakan untuk meng-cover penerbangan yang selama ini menggunakan Boeing 737 MAX 8.


Giliran Bengkulu Dapat 'Hadiah' Proyek Tol

Provinsi Bengkulu segera punya infrastruktur baru berupa jalan bebas hambatan alias tol. Tol itu akan membentang di ruas Lubuk Linggau yang ada di Sumatera Selatan menuju Bengkulu.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menugaskan PT Hutama Karya (Persero) untuk membangun jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu. Tol yang membentang 95 kilometer (km) tersebut akan jadi jalan bebas hambatan pertama di Bengkulu. (hns/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed