Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Mar 2019 21:20 WIB

'Sulap' Pasar Ikan Muara Baru, Susi: Omzet Bisa Rp 12 M/Hari

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Dok. ANTARA FOTO/Media OOC 2018/Irsan Mulyadi/nym. Foto: Dok. ANTARA FOTO/Media OOC 2018/Irsan Mulyadi/nym.
Jakarta - Hari ini Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pasar ikan modern (PIM) Muara Baru. Dalam sambutannya, ia menilai omzet perdagangan di pasar tersebut bisa mencapai Rp 12 miliar per hari.

Menurut Susi, setiap harinya volume perdagangan di pasar ikan bisa mencapai 400 ton. Dengan angka tersebut, maka rata-rata nilai omzet perdagangan mencapai Rp 8-10 miliar.

Lantas, dengan adanya pasar yang baru ia berharap omzet perdagangan bisa meningkat hingga Rp 12 miliar.

"PPI Muara Baru memasarkan sekitar 400 ton ikan dengan nilai omzet rata-rata sekitar Rp 8-10 miliar. Dengan demikian, 1.400 pembeli dengan omzet (harapannya) bisa Rp 10-12 miliar," jelas dia dalam sambutan di PIM Muara Baru, Jakarta, Rabu (13/3/2019).



Lebih lanjut, ia menjelaskan pembangunan pasar ini menggunakan anggaran milik Kementerian Keluatan dan Perikanan. Dengan begitu, ia meminta agar para pedagang mau menjaga segala fasilitas yang diberikan.

Sebab, bila permintaan tersebut tak dituruti, Susi mengancam akan menenggelamkan para pedagang ikan.

"Saya mohon tidak ada ikan yang berceceran di lantai. Saya sudah bilang buang sampah, tenggelamkan. Kalau ada ikan di lantai, bilang nanti akan ditenggelamkan," kata dia.

Sebagai informasi, Pasar Muara Baru itu juga dilengkapi dengan 155 unit kios maritim, 8 unit food court, 2 unit ice flake machine kapasitas 10 ton, area pemasaran retail, laboratorium, hingga instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Selain itu ada juga gedung pengelola, perbankan, ruang informasi dan edukasi, ruang pertemuan, gudang, pos jaga, dan masjid.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com