Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Mar 2019 15:06 WIB

Jokowi: Kapal 6.000 GT Sudah Bisa Sandar di Pelabuhan Sibolga

Abdi Somat - detikFinance
Foto: Abdi Somat/detikcom Foto: Abdi Somat/detikcom
Sibolga - Operasional gedung terminal penumpang yang dilengkapi fasilitas mirip bandara beserta dermaga Pelabuhan Sibolga telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (17/3/2019).

Presiden Jokowi berharap dengan penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga yang telah dilakukan, akan terjadi peningkatan jalur logistik barang dan jasa di Pelabuhan Sibolga.

"Kita akan tambah fasilitasnya agar bisa mengakomodir peningkatan jalur logistik barang dan jasa, kapasitas kontainer sekarang mencapai 20.000 teus per tahun, meningkat sangat drastis sekali," kata Jokowi disambut tepuk tangan.

Jokowi mengungkapkan, dengan perluasan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga ini, kapal besar ukuran 6.000 GT sudah bisa bersandar, sebelumnya hanya kapal ukuran sampai 2.000 GT.


"Artinya kapal besar sudah bisa sandar di sini. Terminal penumpangnya dulu hanya 80 orang, sekarang bisa menampung 500 orang. Tempat kapal feri dan kapal kargo terpisah sehingga bisa lebih efisien," ujar Jokowi.

"Sekarang saatnya kita bekerja, biar makin banyak barang dan jasa yang mempergunakan Pelabuhan Sibolga ini. Kita juga akan terus mendorong pembangunan infrastruktur agar ekonomi di Sibolga dan sekitarnya jadi lebih berkembang," Jokowi menambahkan.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melaporkan, proyek pengembangan Pelabuhan Sibolga ini dikerjakan oleh kontraktor lokal, setelah proses ground breaking yang dilaksanakan Presiden Jokowi pada 20 Agustus 2016.



"Pelabuhan Sibolga ini adalah suatu pelabuhan lifestyle yang akan dikembangkan sebagai suatu tempat bukan hanya sebagai pelabuhan tetapi tempat berkumpul masyarakat," kata Budi.

Budi Karya Sumadi menerangkan, pengembangan Pelabuhan Sibolga ini dilakukan PT Pelindo I meliputi perluasan dermaga multipurpose sepanjang 153 meter, kontainer yard dengan kapasitas 20.000 teus.

Terminal Pelabuhan Sibolga dibangun tiga lantai dengan luas 300 meter persegi. Kemudian ada jembatan langit (sky bridge) yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke dermaga pelabuhan.

"Rencananya juga akan dikembangkan sebagai pelabuhan curah," ungkapnya.

Terminal ini dibangun mirip bandara, di dalamnya ada ruang tunggu, ruang VIP, ruang menyusui, ruang panel, ruang perkantoran untuk Syahbandar, Imigrasi, Kesehatan, Karantina, ruang loket dan lainnya.

Peresmian Pelabuhan Sibolga ditandai penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirut Pelindo I, Gubernur Sumut Edi Rahmayadi, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk dan Tokoh masyarakat Sibolga Akbar Tanjung. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed