Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Mar 2019 18:13 WIB

Pengusaha Tak Mau Cawapres Cuma Tawarkan Janji Manis

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Edi Wahyono Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Debat calon wakil presiden (cawapres) akan berlangsung malam ini. Kedua kandidat akan menyampaikan program-programnya dalam debat tersebut.

Debat ini mengambil tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial budaya. Khusus mengenai ketenagakerjaan, pengusaha punya sejumlah harapan.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, Anton J Supit berharap, kedua calon memiliki program yang jelas untuk mendorong perekonomian. Terutama, dalam hal peningkatan investasi dan daya saing.

"Tentunya calon yang bisa merepresentasi apa rencana mereka dalam peningkatan iklim investasi dan daya saing," katanya kepada detikFinance, Minggu (17/3/2019).


Soal iklim investasi dan daya saing, Anton bilang, hal ini menyangkut masalah perburuhan. Dia berharap, kandidat tidak menawarkan program program populis yang nantinya justru merugikan banyak pihak.

Dia ingin kandidat memaparkan program yang bisa meningkatkan hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja. Serta, peningkatan kompetensi dari tenaga kerja.

"Kalau ekonomi kan harus bicara konkret tidak bisa populis antara lain masalah perburuhan, tidak bisa dengan janji-janji populis seakan-akan menguntungkan satu pihak tapi mengorbankan ekonomi," jelasnya.



"Kita ingin dengar kedua calon bagaimana meningkatkan kompetensi kerja, kita akan dapat produktivitas tinggi, otomatis pekerja akan menikmati hasilnya, itu yang lebih sehat," sambungnya.

Dia menekankan, kandidat tidak menawarkan 'janji' manis yang justru nantinya merugikan pengusaha.

"Jangan populis, jangan hanya memenangkan membuat janji-janji yang akhirnya menjerat kita sendiri. Menurut saya bagaimana meningkatkan lapangan kerja lah," tutupnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed