Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Mar 2019 21:43 WIB

Ma'ruf Amin Sebut #10YearsChallenge 3 Kali, Apa Maksudnya?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan kata 10 Years Challenge dalam debat cawapres 2019 malam ini. Kalimat yang tengah populer di media sosial pada awal 2019 itu disebutkannya hingga tiga kali dalam beberapa sesi.

Pada awalnya Ma'ruf Amin menyebutkan 10 years challenge saat membicarakan tentang pembangunan sumber daya manusia.

"Kita akan ikut sertakan semua pihak, pemerintah, akademisi, dan dudi alias dunia usaha dan industri, dunia riset jadi berkembang ke depan. Bisa membangun Indonesia ke depan untuk ten years challenge," katanya di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Ma'ruf, bilang pihaknya ingin menjawab tantangan dalam 10 tahun jika Presiden Jokowi bisa kembali memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan. Dia bilang, pihaknya akan mengalokasikan dana khusus untuk riset yang dia sebut akan menentukan maju atau mundurnya suatu negara.

"Saat ini riset terbagi di kementerian dan lembaga, nanti kita akan satukan, nanti akan bentuk badan riset nasional. Akan kita optimalisasi sehingga riset jadi lebih efektif," katanya.



Dia bilang pihaknya sepakat akan sediakan dana abadi riset, di samping dana abadi pendidikan dan dana abadi kebudayaan.

"Dengan berbagai dana itu kami yakin riset kita di masa yang akan datang kita akan menjawab ten years challenge," ucapnya.

Selain itu pihaknya ingin mendorong tenaga kerja Indonesia mampu menguasai teknologi, terutama teknologi digital. Hal itu diyakini dapat terwujud lewat pembangunan infrastruktur yang telah dibangun di darat, laut, maupun udara.

"Kita siapkan tenaga kita ke depan supaya siap menghadapi tantangan ke depan. Mempersiapkan menghadapi tantangan ten years challenge," ujarnya lagi.


Belakangan, jargon ini tren khususnya di media sosial. 10 years challenge merupakan gimmick di media sosial yang menunjukkan perbedaan sesuatu dalam 10 tahun terakhir.

(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com