Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Mar 2019 16:23 WIB

DPR Soroti Serapan Anggaran Kemenhub yang Selalu di Bawah 90%

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapat catatan dari Komisi V DPR RI dalam rapat kerja (raker) dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi siang ini. Kemenhub dikritik karena penyerapan anggaran selalu di bawah 90%.

"Saya menyoroti serapan anggaran ini, selalu maksimal hanya di bawah 90% kalau nggak salah. Saya ada catatan kalau nggak salah tahun 2017 serapan anggaran 86,35%, 2018 serapan 84,51%," kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo dalam raker di Gedung DPR, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Menurutnya rendahnya serapan anggaran yang perlu disoroti adalah Ditjen Perkeretaapian. Menurutnya Ditjen tersebut perlu lebih didorong dalam menyerap anggaran.


Berkaitan dengan itu, dia mempertanyakan kontribusi Ditjen Perkeretaapian, salah satunya dalam membenahi kereta api perkotaan. Menurutnya kontribusinya di kereta api perkotaan masih sangat minim.

"Jadi rasanya tidak elok serapan anggaran kecil menyebabkan turunnya pagu anggaran tahun yang akan datang. Padahal Rp 1 triliun, Rp 2 triliun bagi kita sangat bermanfaat untuk bisa membantu daerah, kabupaten," jelasnya.

Untuk itu, menurutnya penyerapan anggaran Kemenhub perlu dibenahi. Bila tidak, yang dikhawatirkan pagu anggaran Kemenhub akan terus menyusut.


Kemenhub tercatat baru membelanjakan anggaran sebesar Rp 2,15 triliun hingga 14 Maret 2019. Angka tersebut adalah 5,17% dari total anggaran Kemenhub sebesar Rp 41,554 triliun di tahun ini. Dia meminta ada perbaikan agar serapannya optimal hingga akhir tahun.

"Mumpung belum melewati 2019, saya harap kinerja anggarannya tolong diperbaiki, diseriusin, difokuskan, agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," tambahnya.


DPR Soroti Serapan Anggaran Kemenhub yang Selalu di Bawah 90%
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com