Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Mar 2019 20:00 WIB

Round-Up 5 Berita Terpopuler

Ma'ruf Yakin RI akan Punya Decacorn, Sandi Ngaku Pernah Nganggur

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Debat cawapres Maruf Amin dan Sandiaga Uno/Foto: Grandyos Zafna Debat cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Dalam debat Minggu malam (17/3/2019) calon Wakil Presiden (cawapres) nomor 01, Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia akan memiliki decacorn alias startup dengan valuasi di atas US$ 10 miliar. Ma'ruf yakin hal itu bisa terjadi karena ada palapa ring atau yang dia sebut dalam debat sebagai infrastruktur langit.

Selain itu pernyataan cawapres 02, Sandiaga Uno bahwa dia pernah jadi pengangguran juga menjadi salah satu berita terpopuler detikFinance, Senin (17/3/2019).

Berikut 5 berita terpopuler detikFinance sepanjang Sepanjang Senin:

RI Bakal Punya Decacorn, Pak Ma'ruf?

Isu mengenai decacorn disinggung Cawapres nomor 01 Ma'ruf Amin pada debat Senin malam (17/3/2019). Penguasaan teknologi pada tenaga kerja menjadi fokus pada programnya ke depan.

Menurut Ma'ruf Ma'ruf Indonesia akan memiliki decacorn atau startup dengan valuasi di atas US$ 10 miliar. Keyakinan Ma'ruf tersebut didasarkan pada tersedianya palapa ring.

Benarkah Sandiaga Uno Pernah Jadi Pengangguran? Ini Faktanya

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku pernah mengalami masa-masa susah dan jadi pengangguran. Hal tersebut dia ungkapkan saat debat cawapres Minggu malam.

Hari itu, awal Desember 1998, Sandiaga pusing bukan kepalang. Istrinya, Nur Asia, baru saja melahirkan putri kedua mereka, Amyra Atheefa Uno, di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Sandi saat itu bukanlah Sandiaga Salahuddin Uno hari ini, pengusaha kaya raya yang tak akan berkedip membayar tagihan biaya melahirkan di rumah sakit paling mahal sekalipun.

Saling Serang Sandiaga dan Ma'ruf soal Tenaga Kerja Asing

su tentang tenaga kerja asing (TKA) mewarnai debat Cawapres tadi malam. Masing-masing Cawapres, baik dari nomor urut 01 Ma'ruf Amin maupun nomor urut 02 Sandiaga Uno saling mengenai TKA di Indonesia.

Hal itu bermula saat Sandiaga mempertanyakan kebijakan yang adil bagi para tenaga kerja di Indonesia. Dalam sesi pertanyaan, Sandiaga mengatakan masih ada 7 juta orang menganggur di Indonesia. Sandiaga lantas mengkaitkannya dengan jumlah TKA yang ada.

Menjawab pertanyaan soal itu, Ma'ruf Amin pun mengklaim jumlah TKA di Indonesia masih terkendali. Bahkan ia menyebut TKA yang ada di Indonesia terendah di dunia.

Sandi Sebut Anak Muda Sumbang 61% Pengangguran RI, Begini Faktanya

Cawapres Nomor Urut 02 Sandiaga Uno mengkritik pengangguran di Indonesia. Dia sangat menyayangkan jumlah penganggur terbesar di Indonesia adalah berasal dari SMK yang seharusnya siap kerja.

"Sangat ironis siswa-siswa SMK sekarang ini yang mendominasi jumlah pengangguran kita, 61% dari pengangguran kita adalah angkatan muda. Mereka masuk SMK karena ingin cepat dapat kerja," dalam debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

April Gaji Naik, PNS Menang Banyak

Kementerian Keuangan memastikan bahwa kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 5% mulai berlaku pada April 2019.

Kebijakan tersebut diterapkan usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

"Insya Allah mulai April (cair)," kata Dirjen Anggaran Askolani saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (18/3/2019). (hns/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com