Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Mar 2019 10:24 WIB

Ditemukan di Kamar Ramyadjie, Mesin ATM Ternyata Dijual Online

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Penampakan mesin ATM di kamar Ramyadjie Priambodo (dok.istimewa) Foto: Penampakan mesin ATM di kamar Ramyadjie Priambodo (dok.istimewa)
Jakarta - Kemarin, polisi telah menyita sejumlah barang bukti terkait pembobolan modus skimming ATM. Di antaranya adalah mesin ATM yang disimpan di kamar Ramyadjie Priambodo.

Penangkapan Ramyadjie ini sempat menghebohkan publik, sebab dia disebut memiliki hubungan kekeluargaan yang dekat dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Selain itu, yang bikin heboh, adalah adanya mesin ATM di kamar Ramyadjie.


Ternyata untuk memiliki mesin ATM bukan hal yang sulit. Pasalnya, mesin ATM juga dijual lewat toko online.

Misalnya di Alibaba.com, e-commerce terbesar asal China ini menjual mesin ATM bermerk Newswan. Mesin ini dibanderol dengan harga US$ 500 atau setara dengan Rp 7 juta (kurs Rp 14.000) sampai US$ 2000 setara dengan Rp 28 juta.

Untuk spesifikasinya, mesin ATM dibuat di Shanghai dengan sistem operasi Windows XP. Mesin ATM ini juga bisa menjalankan CCTV Contacless IC Card. CPU yang disematkan dalam mesin Intel dual-core 2.0G.


Selain mesin ATM baru, juga dijual mesin ATM refurbish atau mesin yang tidak memenuhi standar kualitas, kemudian dikembalikan ke pabrik dan diperbaiki sehingga dijual dengan harga yang lebih murah. Mesin ATM NCR 5887 ini dibanderol dengan harga US$ 1.000 atau setara dengan Rp 14 juta.

Kemudian di toko online lokal seperti Alibaba juga ada akun yang menjual mesin ATM Custom seharga Rp 21 juta. Namun stok mesin tersebut tak tersedia.

Mesin ATM tersebut memiliki berat 100 kilogram. Mesin bisa digunakan dimodifikasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


Simak Juga "Gerindra Akui Ramyadjie Pembobol ATM Kerabat Prabowo":

[Gambas:Video 20detik]

Ditemukan di Kamar Ramyadjie, Mesin ATM Ternyata Dijual Online
(ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed