ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Mar 2019 11:10 WIB

Jokowi Kumpulkan Menteri hingga Pemda Bahas Kemacetan Jabodetabek

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini kembali mengumpulkan beberapa menteri kabinet kerja dan pejabat tinggi daerah untuk rapat terbatas (Ratas) mengenai kemacetan di Jabodetabek.

Dalam pembukaan rapat, Jokowi meminta kepada seluruh pejabat pusat maupun daerah untuk segera mempercepat pengintegrasian moda transportasi di Jabodetabek.

"Pada Ratas sebelumnya saya sudah menugaskan Pak Wapres untuk mengkoordinasikan dengan seluruh menteri dan gubernur dan terkait dengan percepatan pengintegrasian sistem pengelolaan jaringan transportasi antar kota wilayah," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Jokowi bilang, percepatan pengintegrasian sistem jaringan transportasi di Jabodetabek harus segera direalisasikan. Sebab, dampak kerugian akibat kemacetan di Jabodetabek mencapai puluhan triliunan.


Bahkan, kata Jokowi, puluhan triliun duit yang terbakar akibat kemacetan sudah terjadi sejak puluhan tahun. Angka kerugian yang dirilis oleh Bappenas setiap tahunnya mencapai Rp 65 triliun.

"Menurut saya pengintegrasian transportasi ini tidak bisa ditunda lagi," ujar dia.

Turut hadir beberapa menteri kabinet kerja, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ada juga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi, Wali Kota Tangerang Arif.

(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com