Sri Mulyani Minta Lelang Barang Sitaan Negara 100% Online

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 19 Mar 2019 12:58 WIB
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta agar proses lelang oleh pemerintah bisa dilakukan secara online 100%. Saat ini sudah ada platform atau wadah elektronik e-Auction dengan alamat www.lelang.go.id yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
Namun Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan, infrastruktur, terutama infrastruktur digitalnya belum begitu mendukung untuk mencapai 100%.
"Bu menteri keuangan sebetulnya sudah meminta kita menuju kepada e-Auction 100%, tapi kita sadari bahwa karena kondisi internet kita, kecepatan, aksesnya belum merata di seluruh Indonesia," katanya pada diskusi bertema 'Eksistensi Lelang di Era Digital' di Kantor DJKN, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Di samping itu masih ada barang-barang tertentu yang menurutnya belum memungkinkan diikutkan lelang secara online.

"Kadang-kadang kita juga membutuhkan yang konvensional supaya kita membuatnya suatu atraksi tersendiri ya. Lelang tetap menjadi suatu event, suatu aktivitas yang menarik ya," lanjutnya.
Meski begitu pihaknya tetap berupaya membuat lelang ini menjadi suatu kegiatan yang lebih mudah melalui online. Itu guna menjaring generasi muda tertarik melakukan lelang.

"Namun kita tentu ini tetap masuk ke ranah yang lebih mudah, lebih bisa diterima oleh banyak orang termasuk generasi muda," tambahnya.
(zlf/zlf)