Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Mar 2019 15:09 WIB

Kalau Uang Rp 1 Kuadriliun Ditumpuk, Jadi Setinggi Apa Ya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: grandyos zafna Foto: grandyos zafna
Jakarta - Disney mencapai kesepakatan akuisisi dengan 21st Century Fox dengan nilai US$ 71 miliar. Jika dirupiahkan, angka itu setara dengan Rp 1 kuadriliun atau Rp 1.000 triliun.

Mungkin, banyak orang bertanya-tanya sebanyak apa duit yang digunakan untuk membeli Fox tersebut. detikFinance pun mencoba melakukan simulasi untuk mengetahui seberapa tinggi jika uang itu disusun ke atas.

Sebut saja, satu bundel uang Rp 10 juta berisi pecahan Rp 100 ribu. Satu bundel uang diasumsikan setinggi 1 cm.

Maka, untuk mengetahui jumlah bundel uangnya tinggal membagi Rp 1.000 triliun dengan Rp 10 juta. Maka diketahui jumlah bundel uangnya sebanyak 100 juta bundel.

Atau secara mudahnya, jika Rp 1 kuadriliun memiliki 15 angka nol di belakang angka 1, sisihkan saja 7 angka nol di belakangnya.

Lebih lanjut, jika 1 bundel uang tingginya 1 cm, maka 100 juta bundel ialah 100 juta cm. Lebih ringkas lagi, jika dijadikan kilometer, tinggi uang Rp 1 kuadriliun atau Rp 1.000 triliun dengan pecahan Rp 100 ribu ialah 1.000 km.


Berarti jika ditumpuk maka uangnya akan menembus atmosfer bumi yang berada di ketinggian 560 km. Tumpukan uang paling atas sudah bisa melihat luar angkasa.

Sebagai tambahan, Disney sendiri sudah buka suara terkait akuisisi ini. Dalam pernyataannya, Disney mengungkapkan, kesepakatan ini ialah momen yang luar biasa.

"Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami, yang akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan kami dan pemegang saham kami," kata CEO Disney Bob Iger.



Kalau Uang Rp 1 Kuadriliun Ditumpuk, Jadi Setinggi Apa Ya?
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com