Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Mar 2019 20:56 WIB

Usai Menang 'Duel', Crazy Rich India Bantu Adiknya yang Bangkrut

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Pertarungan kakak beradik orang terkaya di India mereda. Sang kakak, Mukesh Ambani akhirnya memberi bantuan kepada adiknya Anil Ambani yang jatuh bangkrut.

Anil Ambani, melalui perusahaannya Reliance Communication sebenarnya merupakan salah satu pemain besar bisnis telekomunikasi di India. Namun, bisnisnya hancur, tak lain disebabkan oleh kakaknya sendiri Mukesh Ambani yang diduga melakukan perang harga secara tidak sehat.

Pada tahun 2016 lalu, Mukesh meluncurkan Reliance Jio yang menawarkan paket internet 4G gratis selama 6 bulan. Lalu, banting harga dari 206 rupee menjadi 12 rupee di tahun 2018.

Mengutip CNN, Senin (20/3/2019), bulan lalu pengadilan tinggi India memerintahkan Anil Ambani dan perusahaannya Reliance Communications untuk membayar utang sebesar 5,5 miliar rupee atau setara US$ 80 juta kepada perusahaan ponsel asal Swedia, Ericsson pada Rabu atau ia menghadapi 3 bulan masa tahanan.


Sampai Senin mendekati waktu pembayaran, utang masih belum lunas. Kemudian, dikabarkan Mukesh sang kakak dengan kekayaan lebih dari US$ 50 miliar masuk membantu.

Reliance Communications dalam sebuah pernyataan menyebut, Senin malam telah membayar penuh utang kepada Ericsson. Anil Ambani pun berterima kasih pada kakak serta iparnya.

"Terima kasih saya yang tulis dan sepenuh hati kepada kakak lelaki saya yang terhormat, Mukesh dan Nita, karena telah mendampingi saya selama masa-masa sulit ini. Dan menunjukkan pentingnya tetap setiap pada nilai-nilai keluarga kita yang kuat," ujarnya.

Saham Reliance Communication melesat 10% pada perdagangan Selasa usai berita tersebut.

Juru bicara perusahaan Mukesh Ambani enggan berkomentar berapa besar bantuan yang diberikan ke Anil. Tapi, media lokal menyebut sekitar 4,8 miliar rupee atau sekitar US$ 70 juta.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed