Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Mar 2019 12:13 WIB

Jokowi Sebut Nilai Sawit Anjlok, Berapa Harganya?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Ilustrasi Sawit. Foto: Agus Setyadi/detikcom Ilustrasi Sawit. Foto: Agus Setyadi/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyarankan agar petani sawit memanfaatkan lahan dengan menanam durian saat harga sawit tengah anjlok. Memang, berapa harga sawit saat ini?

Menurut Ketua Harian Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) saat ini harga sawit di pasaran berada di kisaran Rp 1.200 per kilogram (kg). Padahal, harga sawit seharusnya di angka Rp 1.700 hingga Rp 1.900 per kg.

Artinya, harga kelapa sawit saat ini jatuh sebanyak Rp 500 hingga Rp 700 per kg.

"Harganya Rp 1.200-an per kg di pabrik kelapa sawit. Harusnya di angka Rp 1.700 sampai dengan Rp 1.900 per kg," ungkap dia kepada detikFinance, Kamis (21/3/2019).


Lebih lanjut, ia mengungkapkan produksi sawit yang diperoleh petani per tahun per ha mencapai 20 ton. Artinya pendapatan yang bisa diperoleh petani saat ini mencapai 24 juta per tahun per ha.

"Rata-rata 20 ton per hektar per tahun (produksi)," ungkap dia.

Sementara itu, Jokowi sendiri menyinggung harga sawit yang jatuh karena seorang petani sawit asal Kalimantan Barat, Karolin yang mengeluh sulit mendapat pinjaman dari perbankan. Maka dari itu, ia meminta agar petani sawit memanfaatkan lahannya dan juga mau masuk ke hilirisasi.



Tonton Juga "Elektabilitas Jokowi-Prabowo Semakin Menipis?"

[Gambas:Video 20detik]


Jokowi Sebut Nilai Sawit Anjlok, Berapa Harganya?
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed