Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Mar 2019 17:41 WIB

Indonesia Ekspor 5.000 Ton Kentang ke Singapura Rp 340 M

Hakim Ghani - detikFinance
Foto: Hakim Ghani/detikcom Foto: Hakim Ghani/detikcom
Garut - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Kamis (21/03/2019) kunjungan kerja ke Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di Garut, Mentan melepas ekspor kentang, manggis dan barecore (sejenis kayu lapis).

Acara itu berlangsung di lapangan SOR Ciateul, Jalan Merdeka, Tarogong Kidul. 5 ribu ton kentang senilai Rp 340 miliar diekspor ke Singapura. Sementara 19 ton manggis senilai Rp 392 juta dan barecore dengan ukuran 591,3 meter kubik senilai Rp 1,4 miliar diekspor ke China.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah ekspor komoditas pertanian berbasis wilayah sekaligus menambah jumlah eksportir di sektor pertanian," ujar Amran.



Khusus ekspor kentang, Amran menyebut hal itu merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia. Pasalnya, beberapa tahun ke belakang Indonesia mengimpor kentang dari asing. Hari ini, Indonesia dapat mengekspor kentang ke luar negeri.

"Yang paling menggembirakan adalah, kita mengekspor kentang yang dulunya kita impor. Kita sudah ekspor lima ribu ton yang dulunya kita impor. Itu yang paling membanggakan hari ini," katanya.


Pelepasan ekspor itu ditandai dengan pemecahan kendi air oleh Amran. Dalam kunjungannya, Amran didampingi Bupati Garut Rudy Gunawan. Sejumlah staf nya juga ikut mendampingi.

Selain melepas ekspor, Amran juga bagi-bagi hadiah untuk para petani dan masyarakat yang hadir. Hadiah yang diberikan di antaranya ayam, kambing hingga traktor. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com