Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 24 Mar 2019 18:42 WIB

Ajak Milenial Sragen Jadi Pengusaha, Sandiaga: Biar Gak Jadi 'Juniper'

Raras Prawitaningrum - detikFinance
Foto: Istimewa/Endah Dwi Ekowati Foto: Istimewa/Endah Dwi Ekowati
Sragen - Sandiaga Salahudin Uno terus menggaungkan semangat berwirausaha ke masyarakat Indonesia, khususnya ke milenial. Buktinya terlihat dari acara Young Entrepreneur Summit (YES) 2019 persembahan KAHMIPreneur. Sandi berkeliling kota-kota besar di Indonesia, termasuk Sragen.

Saat berbagi motivasi dan tips berwirausaha ke milenial Sragen Sandi memberi nasihat yang unik yakni terus optimis agar tidak jadi anak muda juniper. Apa itu juniper?


"Kalau mau jadi pemain, marilah ambil kesempatan. Jangan pasif, harus aktif, mulailah menuliskan prestasi, menorehkan kisah. Saya yakin kalau optimis dan berpikir positif, anak muda-anak muda di sini nggak akan jadi juniper. Anak muda yang julid, nyinyir, dan baper," kata Sandi di Sragen YES 2019 yang digelar di Sasana Manggala Sukowati, Sragen, Minggu (24/3/2019).

Di Sragen YES 2019, Sandi mengatakan bahwa ia senang bisa bertemu pemuda pemudi hebat yang terus berkarya di tengah keterbatasan.


"Saya pernah merasakan kayak teman-teman di sini, duduk berhimpitan ikut acara dengan membawa mimpi. Hai anak muda, you're not alone, were together," kata Sandi sambil membentuk angka 2 dengan jarinya dan menunjukkan tulisan '2gether' yang terpampang di layar.

Sandi mengingatkan agar milenial terus menggantungkan cita-cita setinggi langit jika ingin menebar manfaat dari berwirausaha. Ia pun memberikan tips untuk selalu semangat meraih mimpi.

"Setiap yang terjadi dalam hidup saya, saya awali dengan pertanyaan: apa hikmah dari ini semua dan bagaimana saya bisa melaluinya? Saya jawab dengan the marathon way, terus berlari. Hidup ini adalah perjalanan, kita harus lebih baik daripada hari kemarin," tegasnya.

Ajak Milenial Sragen Jadi Pengusaha, Sandiaga: Biar Gak Jadi 'Juniper'Foto: Istimewa/Endah Dwi Ekowati

Sandi juga mengisahkan perjalanan hidupnya yang sering menghadapi kegagalan. Saat zaman krismon, lanjutnya, ia di-PHK dan menjadi pengangguran bahkan ditolak oleh 10 perusahaan saat melamar. Namun kini ia berhasil membuka 30.000 lapangan pekerjaan lewat OK OCE.

"Tapi masih ada jutaan pemuda yang hari ini masih mencari pekerjaan. Di Sragen susah kan cari kerja? Kalau susah, ngapain cari kerja? Ciptakan lapangan pekerjaan seperti 102 UKM yang bergabung di Festival UKM Sragen YES 2019," katanya.


"Kita jadikan program OK OCE untuk membuka usaha, mendapatkan bimbingan, dan menuangkan ide kreatif. Selesaikan permasalahan bangsa ini dengan wirausaha. Itulah tekad kami untuk memenangkan Indonesia," pungkasnya.

Sragen YES 2019 turut mengundang Atta Halilintar dan Zee Zee Shahab untuk berbagi tips wirausaha. Menurut panitia, acara yang dihadiri 10.000 milenial ini juga dimeriahkan oleh Andre Taulany, Chika Jessica, dan Cita Citata.

Melalui rangkaian YES 2019, KAHMIPreneur mengajak generasi milenial agar bisa menjawab tantangan bonus demografi yang diprediksi terjadi pada 2030 mendatang. (ega/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com