Sandi Mau Izinkan Cantrang, Luhut: Tak Sesederhana yang Diomongin

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 27 Mar 2019 17:34 WIB
Foto: Dok. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ikut bersuara soal rencana calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno yang ingin melegalkan cantrang untuk nelayan menangkap ikan. Menurut Luhut, apa yang dikatakan Sandi tak semudah itu untuk dilakukan.

Saat ini pemerintah pun bukan tanpa alasan melarang nelayan menggunakan cantrang untuk menangkap ikan. Cantrang dilarang digunakan agar tidak merusak ekosistem laut.

"Tidak sesederhana yang diomongin itu. Kita juga nggak mau legalin (cantrang) lantas rusak sekarang (ekosistem laut)," kata Luhut ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Meski begitu, pemerintah tidak anti dengan cantrang sebagai alat nelayan menyambung hidupnya. Luhut mengatakan pemerintah juga sedang melakukan kajian tentang penggunaan cantrang.



Bila nantinya didapatkan hasil bahwa cantrang bisa digunakan tanpa merusak ekosistem laut, maka cantrang bisa saja digunakan untuk nelayan menangkap ikan.

"Bisa saja nanti cantrang itu kita pakai kalau kita sudah ketemu solusinya," sebutnya.

Terkait hal tersebut, Luhut menegaskan bahwa pemerintah melakukan tindakan untuk mengkaji penggunaan cantrang kembali, dengan catatan tidak merusak lingkungan. Sementara pihak oposisi, lanjut Luhut baru bicara saja.

"Lagi kita kaji kok (kemungkinan penggunaan cantrang). Sekarang sudah banyak kita perbaiki kok. Yang sana baru ngomong-ngomong, kita sudah anu (kaji) kok," tambahnya.

(eds/eds)