Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Mar 2019 13:20 WIB

Sisi Lain Teras BRI Kapal Bahtera Seva III yang Buat Senyum

Mustiana Lestari - detikFinance
Foto: Agung Pambudy/detikcom Foto: Agung Pambudy/detikcom
Halmahera Selatan - Apa yang yang dirasakan saat memasuki kantor bank? Suasana serba formal pasti terasa. Tapi jangan salah, suasana hangat dan bersahabat justru senantiasa ada di Teras BRI Kapal Bahtera Seva III atau sering disebut Bahtera Seva yang melayani perbankan di sekitar Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Detikcom berkesempatan tinggal di kapal bang terapung ini selama 4 hari yang mempunyai rute Pulau Bacan (homeport), Pulau Batang Lomang, Mandioli, Madapolo, Pasipalele, Saketa, Kayoa, lalu kembali lagi ke homeport. Adapun jadwal pelayarannya setiap minggu dari Selasa hingga Jumat.

Sejak hari pertama pelayanan, senyum hangat tak pernah lepas dari para kru kapal dan juga pegawai Teras BRI Kapal Bahtera Seva III. Dengan sabar, para pegawai maupun kru memberikan petunjuk tentang layanan perbankan ini kepada nasabah di kepulauan yang jauh dari jangkauan perbankan sejak tahun 2016.


"Tentu ini merupakan wujud BRI sebagai BUMN yang tidak hanya mencari keuntungan tapi menciptakan nilai-nilai di masyarakat," jelas Kepala Cabang BRI Ternate, Muchammad Rizal.

Tak ayal karena baru-baru belakangan tersentuh pelayanan bank, pemandangan tak lazim sering ditemukan, seperti warga yang membuka sandal saat masuk kapal ataupun sekadar curhat masalah perbankan. Meski di pedalaman, transaksi di setiap pulau bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran karena banyak tinggal pekebun hasil bumi yang omzetnya luar biasa.

"Transaksi bisa 2 atau 300 transaksi per hari. Makanya uang yang dibawa dari sini 100 juta maksimum kas 500 juta dengan operasional tarik, simpan perputaran yang paling banyak di Madapolo bisa miliaran karena usaha kopra dan hasil bumi yang banyak sekali," tambah SPV BRI Unit Bacan, Jumatia.

Meski punya transaksi hingga miliaran rupiah namun keadaan kapal tetap kondusif berkat adanya polair yang selalu siap menjaga keamanan kapal ini. Terlebih suasana kapal makin cair selepas jam pelayanan. Apa saja yang keasyikan yang tercipta di kapal ini. Berikut ulasannya.


1. Karaoke Semalam Suntuk

Karaoke menjadi sarana di pelepas stress sekaligus perekat keakraban antar personil yang bertugas di kapal ini. Apalagi setelah berhari-hari di lautan dengan pekerjaan menumpuk. Tak peduli suara merdu, semua kompak bernyanyi hingga semalam suntuk. Lagu yang dipilih pun beragam nulai dari dangdut, rock, sampai pop.

2. Bakar Ikan

Sisi Lain Teras BRI Kapal Bahtera Seva III yang Buat SenyumFoto: Agung Pambudy/detikcom

Dekat dengan laut menjadi kemudahan tersendiri mendapat ikan yang segar. Makanya para pegawai mauoun pun kru kapal kompak bakar ikan di penghujung senja. Melihat surya terbenam sambil menyantap ikan bakar dengan dabu matah menjadi kesyahduan tersendiri di Teras BRI Kapal Bahtera Seva III ditambah bumbu-bumbu kecerian sore itu.

3. Snorkeling

Melihat keindahan bawah laut dengan snorkeling menjadi agenda wajib bagi para petugas Teras BRI Kapal Bahtera Seva III. Apalagi saat itu jadwal layanan libur karena Hari Raya Nyepi.

"Biasanya kami kalau libur pasti jalan-jalan," kata salah satu mantri BRI Kapal Bahtera Seva III, Rusdi Wambes.

Sisi Lain Teras BRI Kapal Bahtera Seva III yang Buat SenyumFoto: Agung Pambudy/detikcom

Maka langsung saja para pegawai berlibur sebentar ke Pulau Sali yang terkenal dengan air jernih dan ikan warna warni. Semua juga berebut berfoto dalam air. Meski sempat terjadi kepanikan karena saat itu muncul ular laut dengan belang putih hitam.

Kendati demikian semua senang. Kebahagian ini tentu menjadi memacu semangat kembali untuk melayani masyarakat di kepulauan yang pastinya memerlukan tenaga dan pikiran ekstra. Lebih lanjut perjalanan Teras BRI Kapal Bahtera Seva bisa dilihat di sini. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed