Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Mar 2019 11:08 WIB

Lebak Bulus-HI Rp 14.000 Naik MRT, Sri Mulyani: Sesuai Keinginan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD Jakarta telah menetapkan tarif Moda Raya Terpadu (MRT) menjadi Rp 14.000 untuk jarak terjauh rute Lebak-Bulus ke Bundaran HI.

Ini artinya rata-rata tarif adalah sebesar Rp 8.500 setiap penumpangnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan besaran tarif tersebut sudah sesuai dengan daya beli masyarakat Jakarta.

"Keputusan yang dilakukan pak Gubernur DKI dan DPRD itu masih dalam range yang selama ini diperkirakan. Ini sesuai dengan keinginan untuk menjaga MRT, kemudian kedua dari sisi affordability, daya beli masyarakat dan menyeimbangkan semua aspek," kata Sri Mulyani di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Menurut dia, angka tersebut juga sudah cukup baik untuk pihak MRT sendiri. Untuk penerimaan pihak MRT dipastikan ada dari yang lain.

"Jadi cukup baik lah, meskipun tetap ada subsidi. Nanti bisa berasal dari penerimaan yang berasal dari bukan penumpang," ujarnya.



Sebelumnya Sri Mulyani menyebut ada beberapa aspek ekonomi yang akan disoroti oleh Kemenkeu. Diperkirakan akan ada berbagai aspek ekonomi yang terdampak dengan hadirnya MRT Jakarta.

"Kita bisa melihat berapa dampak ekonomi dari infrastruktur ini (MRT Jakarta), entah dari nilai propertinya, kegiatan ekonomi atau waktu tempuh dari 130 ribu orang yang akan menggunakan fasilitas ini," paparnya.

Dia meyakini dengan banyaknya masyarakat yang beralih menggunakan transportasi publik tersebut, otomatis penggunaan bahan bakar minyak (BBM) akan lebih efisien.

"Tidak akan menghadapi kemacetan, tidak akan memakan bahan bakarnya, dari mobil atau kendaraan bermotor mereka, yang itu juga pasti akan memberikan penghematan atau dampak ekonomi maupun lingkungan yang sangat baik," ungkapnya.

Ditambah lagi, dengan adanya 13 stasiun, dan 130 ribu pergerakan orang yang diperkirakan menggunakan MRT Jakarta, banyak dampak turunannya yang berefek ke ekonomi.




Simak Juga 'Tarif MRT Rp 10.000/10 Km, Sri Mulyani: Cukup Baiklah':

[Gambas:Video 20detik]

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com