Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Mar 2019 18:18 WIB

Ramai SPT Pajak Online, Kok Sri Mulyani Masih Lapor Manual?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sore ini blusukan ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tebet dan KPP Pratama Setiabudi 4 yang berada di satu lokasi. Kegiatan itu dalam rangka meninjau pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) orang pribadi.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani juga menceritakan mengenai dirinya yang telah melapor SPT. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengaku lapor SPT secara manual walaupun sudah ada layanan online dengan e-filing.

"Saya manual (lapor SPT-nya) karena ada penyesuaian kemarin yang harus dilakukan untuk beberapa hal," kata dia di lokasi, Jumat (29/3/2019).

Namun saat dirinya tinggal di Amerika, lanjut Sri Mulyani, dirinya telah melakukan pelaporan SPT melalui layanan e-filing.

"Waktu saya di Amerika pakai e-filing terus, karena di waktu Amerika kan gajinya jelas, terus peraturannya jelas dari sisi kewajiban perpajakan, saya jadi lebih mudah pakai e-filing. Dan lagi nggak mungkin saya pergi ke sini hanya untuk bayar pajak kan," paparnya.


Dia pun mengatakan, saat ini persentase wajib pajak yang melapor SPT secara online sudah semakin banyak.

"Kalau lihat total persentase sekarang 94% pakai e-filing. Berarti pertama mereka menganggap itu mudah dan juga dianggap itu dia bisa kerjakan sendiri," ujarnya.

Sebagian kecil, memang masih ada wajib pajak yang melapor secara manual ke kantor pelayanan pajak.

"Kebanyakan yang mau datang ke sini (kantor pelayanan pajak) langsung karena mereka nggak terlalu yakin. Dia merasa nggak percaya ada yang baru pertama kali, ada yang merasa bahwa saya perlu konsultasi karena income-nya nggak tetap," tambahnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com