Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 30 Mar 2019 17:51 WIB

Pria Ini Bikin Toko Online Jual Produk Saingan Zara hingga H&M

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Zara, Manggo, hingga H&M siapa yang tak tahu merek fesyen luar ini? Padahal, ada lho merek lokal yang tak kalah bagus untuk dibeli.

Hal itu lah yang akhirnya mendasari CEO USS Network Sayed Muhammad membangun toko online atau e-commerce bernama lokal.co.id.

Sayed mengaku saat menggeluti usaha tersebut ia sama sekali tak memiliki latar belakang bisnis. Hanya saja, sejak sekolah ia berkeinginan menjadi seorang pengusaha.

Langkah tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, orang tuanya tak mengizinkan ia berbisnis.

"Jadi passion bisnis sendiri tapi nggak dibolehin sama orang tua. Background saya itu sarjana ekonomi jadi nggak ada hubungannya sama creative industry seperti ini," kata dia dalam acara Indonesia Future Fest 2019 di FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Ia mengaku terus berupaya meyakinkan orang tuanya bahwa mampu menggeluti usaha tersebut. Padahal kala itu ia sudah bekerja di sebuah perusahaan.


Akhirnya ia berani menjajaki usaha di kala bekerja dengan membuat situs online yang menjual merek fesyen lokal bernama lokal.co.id. Keputusannya tersebut didasari karena melihat peluang pasar.

Menurutnya, merek lokal memiliki kualitas yang tak kalah dengan brand luar. Apalagi peminatnya setiap tahun semakin bertambah.

"Pertama kali bisnis namanya lokal.co.id itu banyak banget brand lokal di mal-mal besar akhirnya kita buat online dong itu pertama kali buat dari nol sebelum e-commerce yang lain datang," ungkap dia.

Ia pun berharap dengan adanya toko online ini maka merek fesyen lokal bisa mampu bersaing dengan merek luar negeri.

"Ini potensi brand lokal itu gede banget jadi kita mau gedein dan sejajarkan dengan brand luar itu kan bisa meningkatkan tren bisnis," tutup dia.

Sayed sendiri terus mengembangkan bisnisnya dengan membangun perusahaan bernama USS Network. Bisnis tersebut tak hanya untuk berjualan online namun berkembang menjadi event fashion.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com