Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Apr 2019 14:05 WIB

Tagihan Proyek LRT Adhi Karya ke KAI Masih Dihitung BPKP

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Adhi Karya (Persero) Tbk telah mengajukan pembayaran ketiga untuk progres pengerjaan light rail transit (LRT) Jabodebek. Untuk mempercepat pencairan tagihan terhadap PT KAI (Persero), Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan hari ini menggelar rapat koordinasi (rakor).

Ditemui usai rapat, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adiperdana mengatakan pihaknya sedang mengaudit tagihan yang diajukan Adhi Karya. Proses audit diperkirakan bakal dirampungkan dalam 2 minggu ini.

"(Proses audit pembayaran) yang ketiga sedang berproses. (Belum tahu kapan pencairannya) audit kan belum selesai. (Audit selesai) ya seminggu, dua minggu lagi," katanya di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Senin (1/4/2019).

"Auditnya kan banyak dokumen-dokumen yang disiapkan, jadi proses lah," sebutnya.


Dia mengatakan, nilai tagihan yang diajukan oleh Adhi Karya sedang dicocokkan dengan fakta di lapangan. Namun dia tak ingat berapa angka yang diajukan.

"(Auditnya) lihat ininya, sesuai dengan spek atau nggak. Jadi semua yang ditagihkan, unsur-unsurnya apa, itu yang kita uji," jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri tak mau bicara banyak hasil rapat dengan Luhut. Dia hanya menyampaikan hal senada dengan Kepala BPKP.


"Cuma masalah mempercepat penagihan (Adhi Karya) saja supaya gimana bisa cepat," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto, pihaknya menunggu pembayaran atas hasil pekerjaan LRT Jabodebek dari KAI sebesar Rp 3 triliun. Pembayaran tersebut diharapkan bisa diterima Adhi Karya pada Maret. Namun hingga memasuki April belum cair juga.

"Sekarang diproses di BPKP mudah-mudahan tidak terlalu lama, kami harapkan bulan Maret sudah ada pembayaran Rp 3 triliun," kata Budi dalam acara Media Workshop Adhi Karya di Grandhika Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019).




Tonton juga video JK: Kita Telat Bangun MRT, Harusnya dari Tahun 90-an:

[Gambas:Video 20detik]


Tagihan Proyek LRT Adhi Karya ke KAI Masih Dihitung BPKP
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com