Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 03 Apr 2019 13:57 WIB

Tips Sukses Pengusaha Muda Malinda Amalia: Kolaborasi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Malinda Amalia/Herdi Alif Alhikam Foto: Malinda Amalia/Herdi Alif Alhikam
Jakarta - Industri fashion selalu disebut sebagai potensi ekonomi besar di Indonesia, banyak orang berlomba untuk membuat merek fashionnya sendiri. Beberapa orang pun berhasil bahkan sukses dengan usahanya tersebut.

Seperti Malinda Amalia, perempuan yang pernah memenangkan ajang Wirausaha Muda Mandiri BUMN 2018 ini telah memimpin sebuah merek fashion di Indonesia, Linean namanya.

Hingga kini produk Linean yang memfokuskan diri pada fashion ramah lingkungan telah mendunia hingga tanah Britania Raya, London tepatnya. Tidak main-main usaha yang dirintis Malinda cukup menjanjikan dengan pemasukan perusahaan hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Lalu, apa yang dilakukan seorang Malinda untuk mencapai hal tersebut? detikFinance mencoba menemuinya di gelaran Indonesia Future Fest 2019 pekan lalu untuk mengetahui jawabannya.


Malinda mengatakan salah satu kunci dalam menjalankan bisnisnya adalah kolaborasi. Dia mengatakan dengan kolaborasi dia memperkenalkan produknya lebih luas.

"Banyak hal kolaborasi, seperti yang e-commerce Asian's Next Top Model itu ngajak kolaborasi, terus ada juga majalah fashion yang sering expose Dior, H&M dan segala macam kita diajak kolaborasi," kata Malinda saat ditemui detikFinance di FX Sudirman, Minggu (31/3/2019).

Belum lagi dengan kolaborasi yang dilakukannya dengan beberapa penata fashion para artis kenamaan tanah air. Dia mengaku produknya sudah sering berseliweran di televisi.

"Nah fashion stylist biasanya handle artis-artis, kayak Andien, Lala Karmela, yang setiap tampil butuh baju dan nggak mungkin beli makanya kita kolaborasi sama mereka. Mereka selalu loan ke kita, dan kita memang sengaja sediakan sampling untuk mereka loan peminjaman buat shooting tv, iklan, video klip dan lain-lain," kisah Malinda.

Dengan kolaborasi-kolaborasi itu dia mengatakan merek fashionnya bisa lebih dikenal. Bahkan menurutnya hingga kini sudah banyak artis yang membeli produknya.

"Kita pun selalu fokus ke branding gitu, di Instagram photoshoot dan sebagainya. Malah brand kita jadi sering dibeli artis gitu. Sejauh ini masih zero marketing," ungkap Malinda. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com