Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Apr 2019 13:50 WIB

Sindir Susi soal Cantrang, Luhut: Jangan Larang Tapi Tak Ada Solusi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ Foto: Dok. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyindir kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang melarang penggunaan cantrang. Luhut menyindir kebijakan tersebut karena menurutnya tak memberikan solusi bagi nelayan untuk menangkap ikan.

"Kita jangan hanya larang, larang, larang tapi tak ada solusi. Solusinya apa?" kata Luhut di Telkom Hub. Jakarta, Senin (8/4/2019).

Lalu Luhut mempertanyakan cantrang yang seperti apa yang tidak boleh digunakan oleh nelayan. Pasalnya jenis cantrang ada banyak dan tidak semuanya bersifat merusak.

"Kalau tidak boleh pakai cantrang, cantrang apa. Nah saya baru tahu cantrang ini ada berapa macam. Cantrang mana, cantrang yang ndak boleh sampai masuk ke bawah, merusak koral atau yang netnya terlalu ketat sehingga kebawa ikannya (yang kecil)," jelas Luhut.



Pada kesempatan lain, Luhut pernah mengatakan sedang dilakukan kajian tentang penggunaan cantrang. Bila nantinya didapatkan hasil bahwa cantrang bisa digunakan tanpa merusak ekosistem laut, maka cantrang bisa saja digunakan untuk nelayan menangkap ikan.

"Bisa saja nanti cantrang itu kita pakai kalau kita sudah ketemu solusinya," sebutnya

Terkait hal tersebut, Luhut menegaskan bahwa pemerintah melakukan tindakan untuk mengkaji penggunaan cantrang kembali, dengan catatan tidak merusak lingkungan. Sementara pihak oposisi, lanjut Luhut baru bicara saja.

"Lagi kita kaji kok (kemungkinan penggunaan cantrang). Sekarang sudah banyak kita perbaiki kok. Yang sana baru ngomong-ngomong, kita sudah anu (kaji) kok," tambahnya.




Simak juga video Luhut Sangkal Ucapan Prabowo Anggaran Bocor Rp 2.000 Triliun:

[Gambas:Video 20detik]


Sindir Susi soal Cantrang, Luhut: Jangan Larang Tapi Tak Ada Solusi
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com