Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Apr 2019 17:35 WIB

Kerap Dinyinyirin, Ini Lho Cerita Sukses Bisnis OK OCE

Muhammad Idris - detikFinance
Ilustrasi. Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Sandiaga Salahudin Uno, berkomitmen membawa OK OCE atau One Kecamatan One Center of Entrepreneurship untuk bisa diterapkan secara nasional. OK OCE merupakan pembinaan kewirausahaan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di bawah Sudin Koperasi dan UMKM dan sudah diterapkan di DKI Jakarta.

Bendahara Umum OK OCE Laja Lapian, mengungkapkan banyak anggapan miring tentang keberhasilan OK OCE selama digalakkan di Jakarta. Menurutnya, sudah banyak bukti kesuksesan program ini melahirkan pengusaha-pengusaha baru yang produktif.

"Saya banyak terima nyinyiran OK OCE. Kita sudah buktikan kalau gerakan yang digagas Sandiaga Uno ini bisa menyelamatkan ekonomi Indonesia. Kita sudah lihat banyak sekali gerai-gerai OK OCE dari teman-teman mitra UKM," ujar Lala di acara Jakarta YES 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (10/4/2019).


Cerita sukses program OK OCE, lanjut dia, yakni bisnis air mineral kemasan yang juga diberi nama OK OCE. Usaha air mineral ini sudah memiliki banyak sekali jaringan di ibukota lewat agen-agen mitra binaan UMKM.

"Kita ada air minum OK OCE, siapa pun bisa daftar jadi agen. Bisnisnya hanya butuh (ruangan) 2 kali 3 meter, harga airnya sangat bersaing. Inilah semangat yang dibangun Bang Sandi yakni saling menolong," terang Laja.

Diungkapkannya, pihaknya bahkan sudah mengembangkan pola bantuan permodalan dari pihak perbankan untuk para pelaku UMKM untuk bisnis yang berada dalam binaan OK OCE.

"Kalau tidak punya modal bagaimana? Kita sudah kerja sama dengan salah satu perbankan yang sudah mau support program ini. Kalau saya misalnya punya tempat (usaha), ada orang yang bersedia jalankan usahanya, nanti bank yang bayarin (modal), pabrik airnya nanti kirim barangnya ke tempat Bapak Ibu," pungkas Laja.


Lewat program yang digagas oleh KAHMIPreneur ini, milenial Jakarta didorong untuk bisa berwirausaha, kompeten, dan mampu bersaing di era digital. Sebagai informasi, sebelum Jakarta, rangkaian Indonesia YES 2019 juga diselenggarakan di beberapa kota, yakni Surabaya, Bandung, Sragen, Makassar, dan Lombok. Rangkaian Indonesia YES 2019 ditutup di Istora Senayan, Kompleks GBK, Jakarta. (prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com