Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Apr 2019 21:30 WIB

96% Perusahaan di RI Pastikan Kemampuan Bahasa Inggris Penting

Tia Reisha - detikFinance
Ilustrasi Kerja/Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi Kerja/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Hasil survei 'Kecakapan Berbahasa Inggris dan Posisi Indonesia dalam Tenaga Kerja Global' menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi berbahasa Inggris dianggap penting oleh profesional SDM di 96% perusahaan Indonesia.

Berdasarkan rilis yang diterima, permintaan untuk keterampilan berbahasa Inggris cukup tinggi di Indonesia dibandingkan negara lain yang disurvei dan sebagian besar pimpinan SDM mengatakan bahwa kecakapan berbahasa Inggris dibutuhkan, baik untuk posisi senior maupun entry-level.


Laporan survei ini juga mengeksplorasi tren di organisasi multinasional pada 13 negara. Diketahui, selama beberapa dekade terakhir, bahasa Inggris pun muncul sebagai bahasa umum dalam dunia bisnis.

Indonesia adalah salah satu negara dengan bahasa yang paling beragam di dunia dengan lebih dari 700 bahasa. Dengan adanya globalisasi dan keberagaman dalam ekonomi Indonesia yang semakin meningkatkan perdagangan internasional, keterampilan komunikasi berbahasa Inggris menjadi semakin penting, terutama pada perusahaan multinasional Indonesia yang semakin banyak jumlahnya.

Tapi apakah permintaan akan kecakapan berbahasa Inggris ini telah terpenuhi? Dari data tersebut juga ternyata Indonesia mempunyai 26 juta murid sekolah dasar yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing, jumlah ini lebih banyak dari negara lain kecuali China.


Kemudian saat ini diketahui 86% dari perusahaan multinasional Indonesia memberikan pelatihan bahasa Inggris formal untuk meningkatkan keterampilan karyawannya.

Bagi Anda yang ingin memahami alasan pentingnya kecakapan berbahasa Inggris pada dunia bisnis internasional di Indonesia serta pendekatan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris tenaga kerja, unduh saja 'Kecakapan berbahasa Inggris dan posisi Indonesia dalam tenaga kerja global' secara gratis. (mul/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com