CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Apr 2019 15:22 WIB

Lewat Kabaret, Alumni UI Gambarkan Kondisi Ekonomi RI Terkini

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Ekonom kenamaan Faisal Basri hari ini menggelar pertunjukan panggung kabaret. Di dalamnya berisi tentang Orasi Kebudayaan Kampanye Ekonomi 2019.

Pertunjukan yang diberi nama Panggung Kabaret Tek Jing Tek Jing ini digelar oleh Faisal bersama teman-temannya. Dia yang merupakan alumni FEUI angkatan 78 ini juga mengajak lintas angkatan alumninya untuk hadir.

Pertunjukan ini diawali dengan tarian topeng. 5 Orang penari menari lincah menggunakan topeng sebelum pertunjukan utama di mulai.

Acara ini diisi dengan orang dari Faisal Basri yang membacakan narasi panjang tentang isu-isu ekonomi yang selalu diangkat dari kontestasi politik Pilpres.


"Salah satu konsekuensi hadirnya demokrasi di suatu negara adalah keterbukaan informasi dan kebebasan berpendapat. Siapa saja seakan boleh bicara apa saja sesuka hati. Padahal di alam demokrasi atau bukan, prinsip-prinsip kepatutan tetap berlaku. Siapa saja memang boleh bicara apa saja, sejauh hal itu didukung oleh fakta dan data," ucap Faisal di Energy Building, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Menurutnya belakangan sering terjadi umbar kebohongan dan perang omong kosong serta fitnah dalam kontestasi politik. Menurutnya hal itu sudah kian menjadi-jadi belakangan ini.

"Hendaknya tidak menjadi pembenaran bahwa hal itu memang boleh dilakukan atau suatu kewajaran di era post-truth. Jika kita menganggap wajar lalu pasrah menerimanya dan oleh karena itu harus menyesuaikan diri dengan realitas baru itu, maka sesungguhnya kita sedang membiarkan terjadi pengeroposan dalam sendi-sendi bermasyarakat dan bernegara," tambahnya.

Faisal terus membacakan narasi panjang tentang isu kondisi ekonomi yang diangkat dalam pesta politik tahun ini. Dia berbicara mulai dari sejarah budaya maritim di era Soekarno hingga klasemen klub sepakbola Eropa yang dia rangkai menjadi pembicaraan tentang kondisi ekonomi untuk men-counter hoax.

(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed