Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Apr 2019 10:42 WIB

Impor Bawang Putih Batal, Jagung dan Daging Jalan Terus

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Andhika Akbarayansyah/Tim Infografis Foto: Andhika Akbarayansyah/Tim Infografis
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) membatalkan impor bawang putih yang ditugaskan pada Perum Bulog. Lantas, bagaimana nasib komoditas yang lain?

Menurut Kepala Bagian Humaslem Perum Bulog, Firmansyah impor yang dibatalkan untuk saat ini hanya berlaku pada bawang putih. Sedangkan komoditas lainnya, seperti jagung dan daging tetap dijalankan sesuai kesepakatan.

"Nggak ada, hanya bawang putih semata (dibatalkan impornya). Jagung dan daging lancar," ungkap dia kepada detikFinance, Jumat (12/4/2019).



Firmansyah menjelaskan saat ini impor jagung telah 100% masuk dari kuota impor yang dikeluarkan sebanyak 150 ribu ton. Kemudian, untuk daging baru masuk sebanyak 6.000 ton dari kuota 100 ribu ton.

"Jagung sudah masuk 100%. Daging sudah masuk 6.000 ton dari kuota impor 100 ribu ton di 2019," terangnya.

Sebagai informasi, Kemendag sendiri mengatakan tak akan ada impor bawang putih dalam waktu dekat. Hal itu karena masih adanya pasokan bawang putih di gudang para importir.

Bahkan, Direktur Perdagangan Dalam Negeri Tjahya Widayanti memperkirakan pasokan bawang putih tersebut dapat memenuhi kebutuhan hingga tiga bulan ke depan.

"Masih ada (pasokan bawang putih di importir). Kurang lebih (untuk tiga bulan)," tutup Tjahya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com