Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 13 Apr 2019 22:47 WIB

Jawab Sandi, Jokowi Malah Mau Bikin Super Holding BUMN

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Debat Capres Cawapres kelima (ist/KPU) Foto: Debat Capres Cawapres kelima (ist/KPU)
Jakarta - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mempertanyakan rencana Jokowi membentuk holding BUMN, salah satunya holding penerbangan yang kata Sandiaga. Pembentukan holding BUMN penerbangan misalnya yang memunculkan kekhawatiran.

Jokowi lantas menjawab bahwa pihaknya akan membentuk beberapa holding BUMN lainnya. Setelah membentuk holding BUMN, nantinya juga akan ada super holding BUMN.

"Saya kira ke depan kita akan membangun holding-holding BUMN, baik yang berkaitan dengan konstruksi, holding migas, holding berkaitan pertanian dan perkebunan, perdagangan. Akan ada holding-holding dan di atasnya (ada) super holding," katanya dalam debat Capres kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).


Oleh karena itu, BUMN-BUMN ke depan kata Jokowi harus berani ke luar kandang. Dia ingin BUMN bisa membuka pasar lebih luas jaringan sehingga swasta nantinya juga bisa ikut terkerek usahanya.

"Sudah mulai sekarang perusahaan-perusahaan karya kita kerjakan di Timur Tengah. INKA juga sudah ekspor kereta api. Kalau semua kita lakukan, swasta akan ikut di belakangnya. Ini yang namanya Indonesia Incorporation, sehingga yang kecil-kecil juga akan ikut di belakangnya," ujar Jokowi.

(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed