Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Apr 2019 15:12 WIB

Kapan Pajak Perusahaan Turun? JK: Lagi Dipelajari

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Dok. Setwapres Foto: Dok. Setwapres
Jakarta - Wakil presiden Jusuf Kalla (JK) beberkan rencana pemerintah merombak aturan pajak penghasilan badan usaha. Menurutnya kini hal tersebut masih sedang dipelajari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan.

"Itu juga lagi distudi Menko dan Menteri Keuangan di bidang apa pajak itu dikurangkan. Karena juga pengurangan ini meningkatkan investasi, tapi lain pihak kalau terlalu cepat penerimaan negara kurang maka pembangunan akan menurun," ungkap JK saat ditemui usai membuka Indonesia Industri Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Senin (15/4/2019).

JK menilai hal ini perlu dikaji karena di lain pihak bisa saja apabila terburu-buru dalam kajiannya malah menurunkan penerimaan negara. Maka dari itu dia mengatakan pihaknya masih mengkaji agar hal tersebut tidak terjadi.


"Jadi bagaimana batasannya, agar pajak itu bisa majukan pembangunan dan perbaiki defisit kita," ungkap JK.

JK menjelaskan lebih rinci mengenai rencananya, ibarat perusahaan mendapatkan untung dengan pajak yang kecil maka pengusaha akan makin bergairah untuk melakukan investasi.

"Bisa dihitung berapa perbandingannya, kalau pajak diturunkan investasi bisa naik, kalau perusahaan untungnya 100 kemudian pajak dikurangi dia bisa investasi banyak lagi," kata JK.



"Itu teorinya itu harapannya sekarang tentu dihitung berapa dibutuhkan anggaran kita," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed