Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Apr 2019 17:19 WIB

Neraca Dagang Maret 2019 Positif, Ini Kata Darmin

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Tangerang - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengapresiasi positif hasil laporan dari BPS mengenai neraca perdagangan Maret 2019. Meskipun masih ada koreksi secara keseluruhan untuk kuartal I, Darmin melihat ada perkembangan positif yang diraih.

"Itu kan defisitnya di bulan Januari. Februari dan Maret dia surplus kan, artinya tendensinya (positif). Jangan cuma lihat akumulasinya," ujar Darmin saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/4/2019).

Darmin juga berpendapat defisit transaksi berjalan akan membaik. "CAD itu tinggal melihat neraca jasa dan beberapa aspek mengenai arus modal. Ke depannya AS mengarah pada resesi, sehingga arus modal malah ke sini datangnya. Kalau arus modal membaik pasti arah transaksi berjalan juga membaik karena di AS arahnya resesi," ungkapnya.



Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa akumulasi neraca dagang Indonesia selama Januari-Maret 2019 (kuartal I-2019) tercatat mengalami defisit hingga US$ 193,4 juta.

"Selama Januari-Maret 2019, artinya Indonesia defisit US$ 190 juta," kata Kepala BPS Suhariyanto di Kantor Pusat BPS.

Meski begitu BPS juga memaparkan bahwa neraca perdagangan di Maret 2019 mengalami surplus sebesar US$ 540 juta. Hal tersebut karena nilai ekspor Maret 2019 mencapai US$ 14,03 miliar, sedangkan nilai impor mencapai US$ 13,49 miliar.

"Digabung ekspor dan impor maka neraca dagang surplus US$ 0,54 miliar (US$ 540 juta). Surplus ini berasal dari surplus non migas US$ 188 juta," kata Suhariyanto.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed