Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Apr 2019 12:33 WIB

Pilpres Usai, Sri Mulyani Prediksi Investor Tancap Gas Bawa Modal ke RI

Hendra Kusuma - detikFinance
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Wisma Putra Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Wisma Putra
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai para investor tidak akan wait and see usai acara Pilpres dan pemilihan legistlatif selesai. Hal itu juga terbukti dari adanya capital inflow atau aliran dana yang masuk ke Indonesia pada hari ini sebesar Rp 1,2 triliun.

"Artinya dari sisi market melihat, makanya ekspektasi munculnya capital inflow. Wait and see yang dianggap menjadi salah satu faktor yang mengurangi daya investasi di Indonesia itu sekarang dianggap tidak ada," ujar Sri Mulyani di komplek Istana, Jakarta, Kamis (18/4/2019).


Adanya capital inflow, kata Sri Mulyani merupakan respons dari investor terhadap hasil hitungan cepat (quick count) yang dilaksanakan oleh beberapa lembaga survei. Di mana, berdasarkan quick count pasangan nomor urut 01 unggul.

Meski demikian, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengaku akan tetap menjaga stabilitas perekonomian Indonesia. Meskipun saat ini beberapa data ekonomi berwarna hijau.

"Jadi, yang paling penting, penyelesaian tentang pengumuman secara resmi dan kita tetap menjaga stabilitas ekonomi di Indonesia," kata Sri Mulyani.


Sebagai informasi pasar modal Indonesia hari ini begitu bergairah. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus bergerak di zona hijau.

Adapun yang menarik dari perdagangan hari ini adalah antusiasme dari investor asing yang begitu besar. Perdagangan baru berjalan sekitar satu jam saja dana asing tercatat sudah masuk Rp 1,2 triliun di semua pasar.

Melansir data RTI, Kamis (18/4/2019), net buy itu terdiri dari aksi beli investor asing di pasar reguler sebesar Rp 1,22 triliun, namun di pasar nego dan tunai tercatat net sell sebesar Rp 23,64 miliar.

Saat ini IHSG berada di level 6.530. Posisi itu meningkat 0,76% dibanding penutupan perdagangan sebelumnya.


Tonton juga video Jokowi Dorong Halal Park Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi:

[Gambas:Video 20detik]


Pilpres Usai, Sri Mulyani Prediksi Investor Tancap Gas Bawa Modal ke RI
(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com