Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Apr 2019 12:55 WIB

Jokowi Menang Hitung Cepat, Pengusaha Minta 3 Hal Ini Jadi Prioritas

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Jokowi-Maruf kampanye di Karawang. (Dok TKN) Foto: Jokowi-Ma'ruf kampanye di Karawang. (Dok TKN)
Jakarta - Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan cawapresnya Ma'ruf Amin unggul dalam hitung cepat atau quick count pilpres 2019 di sejumlah lembaga survei. Kemenangan petahana disambut baik oleh pengusaha.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap pemerintahan selanjutnya bisa fokus dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), penciptaan lapangan kerja dan investasi. Peningkatan SDM kata dia penting demi lancarnya keberlangsungan dunia usaha.

"Beliau kan infrastrukturnya sudah bagus tuh, selanjutnya adalah pembangunan manusia. Saya rasa itu sangat penting. Jadi upaya kita ke depan betul-betul untuk memakmurkan rakyat kita melalui peningkatan kualitas SDM," katanya saat dihubungi, Rabu (17/4/2019).


Peningkatan kualitas SDM juga harus dibarengi dengan penciptaan lapangan kerjanya, khususnya penciptaan lapangan kerja formal. Dia bilang hal ini menjadi satu kesatuan yang harus dilakukan berbarengan.

"Karena dari 2003 sampai sekarang itu yang terjadi adalah mempersempit lapangan kerja formal. Padahal pendidikan itu kaitannya kan untuk ke formal. Jadi jangan sampai nanti kita ketinggalan peningkatan lapangan kerja sehingga keadilan pemerataan itu tidak merata," ungkapnya.

Dari sisi investasi, dia berharap ada banyak tercipta investasi dalam bentuk padat karya. Dia bilang investasi padat karya Indonesia saat ini kalah dibanding Vietnam dan Bangladesh.



"Tentu padat karya bukan maksudnya yang upahnya murah tapi yang produktivitas mereka bisa optimal. Jadi harus bisa memperbesar investasi, penciptaan lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan kualitas SDM juga harus ditingkatkan," katanya.


Tonton juga video Jokowi Dorong Halal Park Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi:

[Gambas:Video 20detik]


Jokowi Menang Hitung Cepat, Pengusaha Minta 3 Hal Ini Jadi Prioritas
(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed