Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Apr 2019 14:48 WIB

Dua Paslon Tak Mengaku Kalah, Ini Kata Pengusaha

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta - Meski hasil quick count di sejumlah lembaga survei menunjukkan bahwa paslon capres/cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan K.H. Ma'ruf Amin unggul, di lain sisi capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim pihaknya juga unggul dari hasil survei internal. Perbedaan ini lantas direspons dengan adanya informasi mengenai bakal terjadinya demonstrasi seperti di tahun 1998.

Meski akhirnya kabar tersebut telah dibantah dan dan disebut hoaks oleh kepolisian, apakah hal ini menimbulkan kegelisahan di dunia usaha?

Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan dunia usaha meyakini situasi akan tetap kondusif. Dia berpendapat, pemilu yang berlangsung lancar justru telah memberi situasi yang menguntungkan bagi Indonesia.


"Saya bicara dengan teman-teman di dunia usaha, mereka berkeyakinan Insyaallah semuanya baik, aman. Karena pemilunya juga berjalan dengan damai, baik. Justru momentum ini harus dijaga," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Kamis (18/4/2019).

"Karena kita lihat langsung ada penguatan di pasar modal, mata uang kita. Justru kita harap momentum ini bisa dijaga. Ya kalau soal perbedaan (hasil) ini, ya tunggu hasil KPU saja sesuai arahan Pak Presiden," tambahnya.

Mengenai adanya laporan kecurangan di sejumlah daerah yang beredar di media sosial, dia berpendapat hal tersebut bisa ditangani dengan baik oleh Bawaslu. Untuk itu, dia meyakini situasi akan berlangsung dengan aman dan kondusif.


"Kita meyakini semua politisi ini adalah negarawan. Tentunya tidak akan mengorbankan kepentingan masyarakat Indonesia. Kita yakin itu. Masalah adanya hal-hal kecurangan ya dilaporkan saja ke bawaslu. Karena saya juga bicara dengan asing mereka melihatnya juga sangat baik. Terlihat dengan banyaknya pembelian di pasar modal oleh asing," ungkapnya. (eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed