Jelang Hari Kartini, Bisnis Sewa Pakaian Adat Kebanjiran Pesanan

Vadia Lidyana - detikFinance
Jumat, 19 Apr 2019 13:09 WIB
Pakaian Adat/Foto: Dok. Sewaaja.com
Bekasi - Jelang peringatan hari lahir Raden Ajeng Kartini, tepatnya 21 April membuat bisnis penyewaan pakaian adat tradisional laris manis. Salah satunya di gerai penyewaan pakaian adat Sewaaja.com.

Gerai yang terletak di Bintara, Bekasi Barat ini kebanjiran pesanan. Ketika detikFinance menyambangi gerai Sewaajah.com, Jumat (19/4/2019) terlihat banyak pelanggan yang antre untuk dilayani.

"Event Kartini memang ramai. Pesanannya bisa dua sampai tiga kali lipat dibanding hari biasa," jelas pemilik Sewaajah.com Tia Amalia Ulfah ketika berbincang dengan detikFinance.


Wanita yang kerap disapa Tia itu mengatakan, hingga hari ini pesanannya mencapai 80 baju. Sejauh ini, pakaian yang paling banyak disewa adalah untuk dewasa.

Sedangkan pakaian adat paling banyak dipesan, yaitu pakaian adat Papua, suku Dayak, pakaian adat Sumatera Barat, dan Makassar.

Untuk pemasarannya Tia mengandalkan situs dan Instagram. Walaupun situsnya hanya mengandalkan SEO dan belum memanfaatkan layanan iklan Google, ia sudah kebanjiran pesanan.


Sebagai informasi, perayaan hari lahir Raden Ajeng Kartini sangat erat dengan pawai pakaian adat tradisional. Perayaan ini kerap disebut 'Kartinian' yang biasanya diselenggarakan di sekolah dan kantor.

Penggunaan baju adat tradisional Indonesia yang beraneka ragam ini menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk memperingati hari lahir Kartini. (ara/ara)