Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 21 Apr 2019 13:35 WIB

Orang Kaya Swiss Sumbang Rp 14 Triliun demi Selamatkan Bumi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Miliarder Swiss bernama Hansjoerg Wyss berkomitmen untuk menyumbang uang sebesar US$ 1 miliar untuk membantu melindungi Bumi dari kehancuran hingga 2030. Uang tersebut setara dengan Rp 14 triliun dengan mengacu kurs Rp 14.000 per dolar AS.

Dikutip detikFinance dari businessinsider, Minggu (21/4/2019), beberapa ilmuwan mengatakan mayoritas spesies liar akan punah jika manusia tidak mengkonservasi setidaknya 50% Bumi. Sementara itu hanya 15% dari tanah di Bumi dan 7% dari seluruh lautan yang dapat terlindungi secara alami.

Wyss sebelumnya sudah menyumbangkan US$ 450 juta untuk melindungi spesies liar di sekitar 40 juta hektar di seluruh dunia. Itu meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Eropa.


Wyss melalui yayasannya akan menyumbangkan US$ 1 miliar untuk mengkonservasi tanah dan lautan. Itu dilakukan dalam upaya memperluas ketersediaan udara bersih dan air minum. Wyss juga merupakan salah satu dari beberapa miliarder yang menandatangani Giving Pledge, sebuah komitmen untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaan seseorang untuk amal.

Dia akan menyumbangkan uangnya selama 10 tahun ke depan melalui Wyss Foundation. Yang jadi fokus pelestarian adalah taman nasional umum, perlindungan satwa liar, atau cagar laut. Dia bertujuan untuk membantu melestarikan 30% Bumi dalam keadaan alami pada tahun 2030.


Menurut para peneliti di Brown University, spesies hewan dan tumbuhan akan punah 1.000 kali lebih cepat dibandingkan sebelum kehadiran manusia.

Sebuah studi baru-baru ini di jurnal PNAS meramalkan bahwa manusia akan menyebabkan begitu banyak spesies mamalia punah dalam 50 tahun ke depan sehingga keanekaragaman evolusi planet ini tidak akan pulih hingga 5 juta tahun. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com