Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 14:56 WIB

Menhub akan Tinjau Gerbang Tol yang Berpotensi Macet saat Mudik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa akan ada beberapa kemacetan yang terjadi di gerbang keluar tol saat mudik tahun ini.

Menurut Budi gerbang keluar tol di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat menjadi salah satu daerah potensi kemacetan. Salah satu yang paling besar potensi kemacetannya menurut Budi berada di Semarang dan Solo.

"Yang masif mungkin setelah Jateng karena tujuannya paling banyak Jateng yaitu, Semarang, dan Solo," ungkap Budi di kantornya, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Budi mengatakan pihaknya akan melakukan peninjauan langsung ke titik-titik gerbang keluar tol yang berpotensi macet. Dia mengatakan pihaknya akan melakukan simulasi beberapa pengaturan lalu lintas.


"Mungkin terjadi kemacetan maka itu kami sama Dirjen akan roadshow ke titik-titik di Jateng dan Jabar. Kita akan lakukan simulasi beberapa yang mungkin terjadi di situ," ungkap Budi.

"Sekarang relatif sudah terbuka semua exit toll," tambahnya.

Di jalur darat sendiri Budi menyoroti beberapa isu kemacetan, selain kemacetan yang terjadi di gerbang keluar tol pihaknya juga memberi perhatian khusus pada Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Budi memastikan tol layang belum bisa difungsikan saat mudik nanti.


"Yang intensif itu akan terjadi di Japek karena beberapa konstruksi masih ada di sana, jalan layang tol dipastikan tidak difungsikan, tapi ini akan ada dampaknya di kolong dan sebagainya, maka saya minta kepada para stakeholder harus membuat itu smooth seperti tahun lalu," kata Budi.


Simak Juga 'Rapat Kesiapan Mudik, Menhub Anjurkan Pemudik Tak Pakai Motor':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed