Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 18:23 WIB

Dana Bansos Naik 100%, Kemenkeu Bantah Terkait Pemilu

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menampik anggapan dana bantuan sosial berkaitan dengan tahun politik. Dana bantuan sosial naik 100%.

Demikian dikatakan Askolani saat jumpa pers, APBN KITA di kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Senin (22/4/2019).

"Anggaran 2019 ini dalam periode saat ini jauh lebih tinggi dibanding 2018 dan percepatan belanja bansos untuk masyarakat. Ini tidak ada kaitan dengan pemilu. Jadi bu system," tutur Askolani.


Dia menjelaskan anggaran bansos tahun ini lebih tinggi karena volumenya meningkat, ditambah naiknya penerima program keluarga harapan.

Selain itu, Askolani mengatakan, pemerintah mempercepat pelunasan penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan. "itu juga untuk lunasi kewajiban kita yang sudah diatur Kemenkeu," ujarnya.


"Untuk bantuan pangan non tunai (BPNT) juga (kami) percepat eksekusinya ke masyarakat jadi lebih nyata. Uang APBN bisa dilaksanakan sejak Januari dan lebih cepat lebih baik," katanya.

Seperti diketahui, salah satu pos pengeluaran pemerintah yang naik tinggi di triwulan I-2019 adalah bantuan sosial dengan peningkatan 106,6% menjadi Rp 37,7 triliun dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 17,9 triliun. Sedangkan realisasi subsidi yang masuk pos belanja pemerintah mencapai Rp 21,8 triliun. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com