Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 23:03 WIB

Tarif Cukai Rokok bakal Naik Tahun Ini?

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi cukai rokok/Foto: Ari Saputra Ilustrasi cukai rokok/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan membuka peluang untuk menaikkan tarif cukai rokok pada pertengahan 2019. Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi mengatakan, pihaknya masih mengkaji rencana kenaikan tarif cukai rokok.

"Tentunya kita lihat lebih mendalam lagi, mungkin perlu beberapa bulan ke depan, apakah gejala kenaikan ini secara struktural ataukah karena gejala kegiatan yang melonjak kemarin seperti pemilu dan sebagainya," kata Heru di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (22/4/2019).


Heru menjelaskan tengah mengkaji kenaikan tarif cukai rokok berdasarkan dua hal. Pertama, dampak dari banyaknya kegiatan penertiban rokok ilegal, kedua lebih kepada kontribusi terhadap total penerimaan cukai.

"Dua hal tadi tentunya kita akan lihat apakah akan perlu dilakukan penyesuaian terhadap tarif atau tidak perlu," tegas dia.

Namun demikian, Heru mengungkapkan bahwa kenaikan tarif diupayakan sebagai alat kontrol atau pengendali oleh pemerintah terhadap tingkat konsumsi rokok itu sendiri.

"Yang jelas bahwa cukai memang ditujukan untuk menjadi alat kontrol peredaran dan konsumsi. Kita akan fokus pada besaran konsumsinya," ujar dia.

Dapat diketahui, penerimaan Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tercatat Rp 30,97 triliun di triwulan I-2019. Penerimaan itu setara 14,83% dari target di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (ABPN) 2019.


Menurut data Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai, dari jumlah total itu penerimaan cukai mencapai Rp 21,35 triliun atau tumbuh 165,11%. Jumlahnya mewakili 12,9% dari total target penerimaan cukai.

Untuk mengejar target penerimaan negara hingga 100% di akhir tahun, pemerintah disarankan melanjutkan reformasi kebijakan agar penerimaan dari sektor cukai lebih optimal. (hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed