Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Apr 2019 10:53 WIB

Produsen Elektronik Eropa Punya Aplikasi Rantai Pasok Terintegrasi

Robi Setiawan - detikFinance
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Berkembangnya retail elektronik modern, yaitu melalui e-commerce, membuat toko elektronik konvensional turut merasakan dampaknya. Dari sisi persaingan, e-commerce mampu menyediakan informasi lengkap yang dapat diakses kapan pun, ditambah dengan pembayaran yang lebih fleksibel dibanding toko konvensional.

Agar bisa bersaing dengan e-commerce, perusahaan elektronik asal Eropa, Beko menawarkan operasional bisnis secara modern bagi pemilik toko konvensional. Beko menerapkan rantai pasok terintegrasi yang meliputi tiga tahap, yakni pesanan dan pengiriman, bukti pengiriman, serta instalasi, lewat aplikasi 'Beko'.

Dengan adanya aplikasi tersebut, sistem penjualan rantai pasok terintegrasi dimulai dengan tahap pemesanan dan pengiriman. Adapun rantai pasok terintegrasi ini melibatkan lima institusi, yakni toko elektronik yang menjalankan penjualan, distributor guna menjalankan pengembangan pasar, customer service untuk konfirmasi pelanggan, Beko sebagai produsen produk, harga, promosi, serta gudang yang mempersiapkan pengiriman, dan logistik untuk mengirim pesanan.

Munculnya sistem rantai pasok terintegrasi dari Beko ini bersumber pada visi Beko untuk menjadi pelopor bisnis yang sehat, dengan cara membangun pengecer dan distributor menjalankan operasional usaha yang sehat, serta misi Beko untuk mengembangkan integrasi rantai pasok dengan cara membuat institusi fokus pada keahliannya.

Produsen Elektronik Jerman Punya Aplikasi Rantai Pasok TerintegrasiFoto: Dok. Beko

"Dengan adanya aplikasi toko beko, baik pembeli maupun penjual di toko elektronik tradisional menjadi lebih terbantu. Penjual tidak lagi memerlukan ruang tambahan atau gudang untuk menampung produk-produk elektronik Beko, karena produk akan dikirim langsung dari gudang Beko. Sehingga memberikan kemudahan berbisnis bagi para penjual di toko elektronik tradisional," jelas Sales Director PT Beko Appliances Indonesia, Arief Setiawan dalam keterangan tertulis, Rabu (24/4/2019).

Selain itu Beko juga mengklaim menawarkan garansi terpanjang di Indonesia, yakni 3 tahun jaminan garansi servis dan khusus Motor Inverter ProSmart selama 12 tahun, sehingga bertanggung jawab penuh pada produknya.

Produk unggulan dari Beko dapat dijumpai di Courts, Electronic City, Hypermart, Informa, Transmart, serta toko-toko elektronik terdekat di Jabodetabek, Cikarang, Serang, dan Cilegon.

Aplikasi Beko dapat diunduh di Play Store dengan kata kunci 'Beko'. Untuk log-in ke aplikasi Beko, pemilik toko atau penjual dapat menghubungi Beko Indonesia untuk registrasi dan verifikasi toko elektronik miliknya. (prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed