Puluhan Pelaku Usaha Jastip Kumpul di Bea Cukai, Ada Apa?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Jumat, 26 Apr 2019 14:47 WIB
Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Ada banyak usaha yang bisa digeluti masyarakat, termasuk jasa titip atau jastip. Belakangan, usaha ini semakin diminati oleh banyak orang.

Siang ini, puluhan pelaku usaha jastip berkumpul di kantor pusat Bea Cukai, Rawamangun, Jakarta Timur. Mereka akan membahas mengenai usaha jastip yang aman dan nyaman.

Berdasarkan agenda Direktorat Jenderal Bea Cukai, puluhan pelaku usaha ini akan mengikuti workshop dengan startup jastip bernama Hello Bly dengan tema 'Titip Menitip Aman & Nyaman'.


Menurut Pelaksana Harian (Plh) Direktur Kepabeanan Internasional dan antar lembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Alfian Chaniago ada dua hal yang mesti diperhatikan pelaku usaha jastip.

Pertama, untuk memperhatikan setiap barang yang dititipkan oleh seseorang, khususnya narkotika. Sebab hal itu akan membahayakan sang pelaku jastip.

Kemudian, pelaku jastip juga mesti memperhatikan masalah prosedur yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah, khususnya bea dan cukai.

"Itu harus hati-hati terkait dengan narkotika. Jadi perhatikan narkotika, jangan jadi tumpangan orang memasukkan barang yang dilarang. Kedua masalah prosedurnya," tutup dia.

(fdl/fdl)